Cina Hapus Dokumen Pasca Kebocoran Informasi tentang Kamp Penahanan Uighur

Informasi yang bocor itu menggambarkan strategi pemerintah Cina yang sengaja mengunci etnis minoritas dengan dalih untuk "memperbaiki" pikiran dan bahasa yang mereka gunakan.

BY 4adminEdited Tue,17 Dec 2019,12:48 PM

Xinjiang

Xinjiang, SPNA - Pemerintah lokal Cina menghapus data dan menghancurkan dokumen-dokumen pasca kebocoran informasi terkait kamp penahanan massalnya untuk warga Uighur dan minoritas Muslim lainnya, ungkap empat orang yang berhubungan dengan pegawai pemerintah setempat, yang tidak ingin disebutkan namanya.

Mereka mengklaim, para pejabat lokal di provinsi Xinjiang juga memperketat kontrol terhadap informasi dan telah mengadakan pertemuan tingkat tinggi setelah kebocoran itu.

Para pejabat tinggi membahas bagaimana merespons dalam pertemuan di markas regional Partai Komunis Cina di Urumqi, ibukota Xinjiang.

Pertemuan dimulai beberapa hari setelah The New York Times bulan lalu menerbitkan pidato-pidato internal di Xinjiang oleh para pejabat tinggi termasuk Xi Jinping, presiden China.

Mereka melanjutkan langkah itu setelah Konsorsium International Investigative Journalists bekerja dengan organisasi berita untuk menerbitkan pedoman rahasia guna mengoperasikan pusat-pusat penahanan dan instruksi tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk menargetkan orang.

Pemerintah Cina telah lama bergumul dengan 11 juta Uighur, etnis minoritas Turki asli Xinjiang.

Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah menahan satu juta atau lebih warga Uighur dan minoritas lainnya di kamp.

Pejabat Xinjiang dan kementerian luar negeri Cina belum secara langsung menyangkal keaslian dokumen, meskipun ketua Partai Komunis Urumqi Xu Hairong menyebut laporan tentang kebocoran itu adalah "noda dan distorsi berbahaya."

Pemerintah setempat tidak menanggapi faks untuk mengomentari penangkapan, pembatasan ketat pada informasi dan langkah-langkah lain menanggapi kebocoran. Kementerian Luar Negeri Cina tidak memiliki komentar langsung. Informasi tampaknya menjadi lebih terkontrol. Beberapa guru universitas dan pekerja tingkat distrik di Urumqi telah diperintahkan untuk membersihkan data sensitif pada komputer, ponsel, dan penyimpanan cloud mereka serta menghapus grup media sosial terkait pekerjaan, menurut seorang Uighur yang memiliki pengetahuan langsung tentang situasi tersebut.

Dalam kasus lain, negara tampaknya menyita bukti penahanan. Beberapa pekerja pemerintah telah ditangkap ketika negara menyelidiki sumber kebocoran.

Dalam satu kasus, seluruh keluarga dalam dinas sipil ditangkap. Abduweli Ayup, ahli bahasa Uighur di pengasingan, mengatakan bahwa kerabat istrinya di Xinjiang - termasuk orang tua, saudara kandung, dan mertuanya - ditahan tak lama setelah kebocoran diterbitkan, meski mereka tidak memiliki hubungan dengan kebocoran sejauh yang dia ketahui. Dia mengatakan bahwa beberapa orang yang berhubungan dengan kerabat di luar Cina juga diselidiki.

Tidak diketahui berapa banyak yang telah ditahan sejak kebocoran informasi tersebut.

Awal pekan lalu, seorang wanita Uighur di Belanda mengatakan kepada de Volkskrant, harian Belanda, bahwa ia adalah sumber dari dokumen yang diterbitkan oleh Konsorsium Internasional Investigative Journalists.

Asiye Abdulaheb mengatakan bahwa setelah dia memposting satu halaman di media sosial pada bulan Juni, agen negara Cina mengirim ancaman kematiannya dan mencoba merekrut mantan suaminya untuk memata-matainya.

Dokumen-dokumen yang bocor itu menggambarkan strategi pemerintah Cina yang sengaja mengunci etnis minoritas bahkan sebelum mereka melakukan kejahatan. Hal ini berdalih untuk "memperbaiki" pikiran mereka dan bahasa yang mereka gunakan.

Mereka mengungkapkan bahwa fasilitas yang oleh Beijing disebut "sekolah pelatihan kejuruan" adalah pusat pendidikan ulang ideologis dan perilaku yang dijalankan secara rahasia.

Berbagai media juga menunjukkan bagaimana Beijing memelopori bentuk baru kontrol sosial dengan menggunakan data dan kecerdasan buatan. Menggambar pada data yang dikumpulkan oleh teknologi pengawasan massal, komputer mengeluarkan nama-nama puluhan ribu orang untuk diinterogasi atau ditahan hanya dalam satu minggu.

Pekan lalu, US.House of Representatives sangat menyetujui Undang-Undang Kebijakan Hak Asasi Manusia Uighur, yang bertujuan menekan Cina atas penahanan massal di Xinjiang.

Beijing dengan cepat mencela RUU itu dengan alasan "campur tangan asing."

(T.RA/S: Independent)

leave a reply
Posting terakhir