Kongres Amerika setujui bantuan senilai 150 juta dolar untuk Pemerintah Palestina

Kongres Amerika dilaporkan telah menyetujui rencana pencairan dana bantuan untuk Pemerintah Palestina. Bantuan itu akan digunakan untuk kepentingan keamanan dan sosial di Tepi Barat.

BY Edited Thu,19 Dec 2019,10:26 AM

Washington, SPNA – Kongres Amerika, Rabu (18/12/2019), menyetujui dukungan finansial untuk Pemerintah Palestina senilai 150 juta dolar atau setara dengan 2 triliun rupiah.

Surat kabar Israel, Haaretz melaporkan bahwa Kongres Amerika telah menyetujui rencana pengucuran dana bantuan untuk Pamerintah Palestina. Bantuan ini datang setahun setelah Donald Trump mengumumkan pembekuan bantuan luar negeri Amerika untuk Palestina.

Sebagian dari dana tersebut akan dipergunakan untuk memperkuat sektor keamanan di Tepi Barat. Sedangkan lainnya diperuntukkan guna mendukung sejumlah proyek sipil di Yerusalem dan beberapa wilayah lainnya di Tepi Barat. Termasuk proyek untuk menjamin berlangsungnya toleransi antara Yahudi dan warga Palestina.

Media Israel tersebut menyebutkan bahwa bantuan ini tidak ada hubungannya dengan rencana perdamaian Donal Trump yang dikenal dengan sebutan The Deal of Century. Tapi semata-mata untuk misi kemanusiaan.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara donatur terbesar bagi badan PBB yang bertugas mengayomi para pengungsi Palestina, UNRWA. Penarikan diri Amerika yang diumumkan Donald Trump membuat badan kemanusiaan tersebut sulit menjalankan fungsinya sebagai harapan dari jutaan pengungsi Palestina.

(T.HN/S: Qudsn)

leave a reply
Posting terakhir