Netanyahu: Kami akan Caplok Seluruh Lembah Yordania dengan Dukungan AS

Untuk tujuan tersebut, langkah awal yang akan dilakukan adalah menerapkan kedaulatan di Lembah Yordania dan juga di permukiman.

BY Edited Sat,21 Dec 2019,01:32 PM

Jericho

Jericho, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Kamis (19/12/2019) berjanji akan menjamin dukungan Amerika Serikat dalam upayanya untuk mencaplok Lembah Yordania. Tidak hanya itu, dukungan ini diberikan pula pada permukiman ilegal yang dibangun di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur.

Berbicara dalam kunjungan ke permukiman Israel Mitzpe Yeriho dekat Jericho, Netanyahu mengatakan, "Hal pertama yang akan kita lakukan adalah menerapkan kedaulatan kita di Lembah Yordania dan juga di permukiman." Dan, lanjutnya "kita akan melakukan semua itu dengan pengakuan Amerika. Kita memperkuat Negara Israel dan memastikan masa depannya."

Saat ini, Netanyahu sedang berjuang untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin Partai Likud melawan saingannya, Gideon Sa'ar, dalam upaya untuk terpilih kembali sebagai perdana menteri.

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu Netanyahu telah mengeluarkan janji serupa. Pada hari Minggu, Netanyahu mengklaim, saat kunjungan ke Konferensi Masyarakat Ekonomi Makor Rishon dan Inovasi di Yerusalem bahwa AS akan mendukung pencaplokan Israel di Lembah Yordania.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

Israel caplok puluhan hektar lahan warga di Lembah Yordania

Aktivis Palestina, Arif Daraghmeh mengungkapkan bahwa pemerintah Israel mengeluarkan instruksi untuk mencaplok 38 hektar lahan yang mencakup beberapa wilayah di lembah Yordania. Lahan tersebut mencakup sejumlah desa di Tayasur, Tammun dan Tobas.