Dihadiri Dubes RI, NPC Salurkan Bantuan Alat Kesehatan untuk Pengungsi Palestina di Yordania

Sarana prasarana kesehatan yang diserahkan sejumlah 166 item, di antaranya alat pendeteksi detak jantung janin, thermo meter, polofil supra, aqua meron (1172), alcohol %97, Diss Gloves F.P.M, Needle G21 & G23, dan Steralisation.

BY 4adminEdited Wed,01 Jan 2020,01:21 PM

Amman

Amman, SPNA - Senin (30/12/2019) Yayasan Nusantara Palestina Center (NPC) menyerahkan secara resmi bantuan sarana prasarana kesehatan dan obat-obatan kepada Madical Aid For Palestinians (MAP Jordan) di kamp Hettin (Zarqa), 24 kilometer ke arah Timur Laut kota Amman.

Penyerahan ini dipimpin langsung oleh Abdillah Onim (Bang Onim), Pendiri sekaligus ketua Dewan Pembina NPC, didampingi oleh Direktur Pelaksana NPC, Ihsan Zainuddin kepada Moha Saqqa selaku Direktur Eksekutif MAP Jordan.

Acara penyerahan ini dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto beserta keluarga, Sekjen JHCO, Mr Ayman Riyadh Al Mufleh, dan Direktur Program JHCO, Marwan Al Hennawy.

Sesaat sebelum acara penyerahan resmi itu, Bang Onim dan tim NPC bersama Direktur Program JHCO, Marwan Al Hennawy, mengadakan pengecekan langsung sarana prasarana kesehatan tersebut ke gudang logistik JHCO yang terletak di kota Zarqa.

Sarana prasarana kesehatan yang diserahkan tersebut sejumlah 166 item, di antaranya alat pendeteksi detak jantung janin, thermo meter, polofil supra, aqua meron (1172), alcohol %97, Diss Gloves F.P.M, Needle G21 & G23, dan Steralisation.

Bantuan sarana prasarana kesehatan ini merupakan implementasi dari butir-butir MoU NPC dan JHCO, tanggal 23 Juni 2019 lalu tentang kesepakatan penyaluran dana sebesar Rp.1 Miliar (USD 70.000) bantuan dari masyarakat Indonesia, oleh NPC melalui fasilitas JHCO sebagai organisasi mitra NPC di Yordania, untuk bantuan kemanusiaan dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan bantuan kemanusiaan lainnya kepada para pengungsi Palestina di kamp-kamp pengungsian Palestina di Yordania.

Bantuan sarana prasarana kesehatan dan obat-obatan ini merupakan program ketiga dari penyaluran bantuan NPC yang difasilitasi langsung oleh JHCO, setelah sebelumnya sejak 25 Juni 2019 melalui JHCO, NPC telah menyalurkan bantuan berupa logistik sembako dan alat-alat perlengkapan sekolah di beberapa kamp pengungsian Palestina di Yordania yang berjumlah 13 kamp.

Sama halnya dengan bantuan logistik makanan dan alat-alat penunjang pendidikan, kepada Bang Onim dan Ihsan Zainuddin, Direktur Program JHCO melaporkan bahwa bantuan sarana dan prasarana kesehatan serta obat-obatan itu juga akan didistribusikan secara merata ke beberapa kamp pengungsian Palestina yang ada di Yordania.

Bantuan sarana dan prasarana kesehatan ini merupakan pemenuhan kebutuhan darurat klinik-klinik MAP yang ada ada di kamp-kamp pengungsian Palestina. “Untuk saat ini fasilitas alat-alat kesehatan sudah cukup, klinik-klinik kami hanya krisis prasarana penunjang laboratorium, dan penunjang praktek kesehatan, begitu laporan Direktur Eksekutif MAP kepada saya,” papar Marwan Al Hennawy.

Dalam kesempatan itu, kepada Maha Saqqa, Bang Onim menyampaikan harapan semoga bantuan sarana dan prasarana kesehatan dapat membantu kelancaran proses pengobatan di klinik-klinik MAP. Kepada NPC dan masyarakat Indonesia secara umum Maha Saqqa juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap dukungan dan perhatian masyarakat Indonesia terkhusus NPC kepada masalah kesehatan para pengungsi Palestina di Yordania.

Di kesempatan yang sama , setelah mengecek laboratorium kesehatan bantuan NPC di klinik MAP Hettin, Dubes RI untuk Yordania dan Palestina menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada NPC dan seluruh NGO Indonesia yang bergerak di bidang kemanusiaan.

“Tanpa peran aktif teman-teman NGO yang ada di Indonesia, terkhusus NPC, maka program kemanusiaan yang digalakkan oleh pemerintah RI di Yordania dan Palestina ini tidak akan ada artinya.” Tegas Dubes Andy Rachmianto.

Kepada NPC, Sekjen JHCO juga Direktur Program JHCO menyatakan harapan besar agar NPC ke depan tetap bersinergi bersama JHCO dalam misi-misi kemanusiaan untuk para pengungsi Palestina di Yordania.

Setelah penyerahan secara resmi sarana dan prasarana kesehatan itu, tim NPC yang dipimpin langsung oleh Bang Onim melanjutkan perjalanan ke kamp Jaras.

Lawatan misi kemanusiaan NPC yang dipimpin langsung oleh Bang Onim diakhiri dengan agenda makan bersama 300 pengungsi Palestina yang ada di Jarash atas sponsor NPC.

(NPC)

leave a reply
Posting terakhir