Kabinet Israel bahas kelanjutan gencatan senjata dengan pihak Gaza

Israel sedang berusaha mempertahankan status damai dengan pihak Gaza. Beberapa kemudahan diperkirakan akan ditawarkan demi menghindari perang untuk sementara waktu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Thu,02 Jan 2020,10:40 AM

Tel Aviv, SPNA - Media Israel, Wala, melaporkan bahwa Kabinet Israel, Rabu (01/01/2020), mengadakan pertemuan tertutup membahas kelanjutan gencatan senjata dengan pejuang Palestina di Gaza. Israel disebutkan sedang tidak ingin berurusan dengan Gaza sementara waktu.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya aktifitas sejumlah gerakan yang diklaim mendapatkan dukungan Iran di Suriah dan Lebanon, yang berada di utara Israel.

Untuk mencapai hal tersebut, Israel telah mempelajari sejumlah kebijakan yang akan ditawarkan untuk pihak Gaza agar tidak memberontak.

 Israel juga membahas upaya untuk membebaskan milliter Israel yang disebutkan menjadi sandera pejuang Palestina di Gaza.

Ada juga pihak yang berpendapat bahwa periode gencatan senjata ini digunakan Israel untuk menyelesaikan pembangunan dinding penghalang bawah tanah di perbatasan Gaza.

Beberapa waktu lalu, Hamas telah menafikan adanya perbincangan gencatan senjata dengan Israel, baik terkait persoalan Tepi Barat atau Gaza.

Juru bicara Hamas, Abdullatif Al-Qanu' mengatakan bahwa yang sedang berlangsung saat ini adalah diskusi tentang bagaimana merealisasikan butir-butir perdamaian yang ada.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir