Ali Khamenei tunjuk pemimpin Pasukan Quds baru, menggantikan Qasem Soleimani

Pasca terbunuhnya Qasem Soleimani dalam serangan drone Amerika, Iran telah mengangkat pemimpin baru untuk Pasukan Quds menggantikannya. Jabatan tersebut saat ini dipercayakan kepada Ismail Qaani, orang nomor dua dalam barisan Pasukan Pengawal Revolusi Iran setelah Soleimani. 

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,04 Jan 2020,10:47 AM

Tehran, SPNA -  Dikutip dari salah satu media Iran, Al-Alam, Ali Khamenei,  Pemimpin Agung Iran dan Presiden Republik Islam Iran pada periode 1981-1989, telah mengangkat pemimpin Pasukan Quds baru untuk menggantikan Qasem Soleimani yang terbunuh dalam serangan drone Amerika Jumat dini hari.

Pasukan khusus dari Pengawal Revolusi Iran (IRGC) yang bertanggung jawab untuk operasi ekstrateritorial Iran itu saat ini dipimpin oleh Ismail Qaani. Dia adalah orang nomor dua dalam barisan Pasukan Pengawal Revolusi.

Ia dikenal sebagai tokoh yang terus menyerukan perjuangan di Suriah, Lebanon dan Palestina.

Ia juga digambarkan oleh banyak media sebagai perwira tangguh yang tidak jauh berbeda dengan Qassem Soleimani. Serta memiliki pengalaman yang cukup dalam menghadapi berbagai medan pertempuran.

Qasem Soleimani, komandan Pasukan Quds (Pasukan khusus dari Pengawal Revolusi Iran (IRGC) yang bertanggung jawab untuk operasi ekstrateritorial Iran), dan Abu Mahdi, insinyur terkemuka dari Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak, tewas dalam serangan udara AS yang menargetkan iringan mobil mereka di jalan Bandara Baghdad, Jumat dini hari (03/01/2019).

Korps Pengawal Revolusi Islam adalah cabang militer terbesar di Militer Iran. Mereka merupakan kelompok kekuatan yang loyal kepada Pemimpin Rohani Tertinggi Iran Ayatullah Ruhollah Khomeini.

(T.HN/S: Rt. Arabic)

leave a reply
Posting terakhir