Delegasi Hamas dan Jihad Islami yang melakukan kunjungan luar negeri kembali tiba di Gaza

Delegasi Hamas  dan Jihad Islami kembali tiba di Gaza setelah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri selama tiga pekan.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Mon,06 Jan 2020,10:11 AM

Gaza, SPNA - Delegasi Hamas dan Jihad Islami yang melakukan kunjungan ke luar negeri kembali tiba di Gaza, Minggu (05/01). Sejumlah negara seperti Mesir, Turki, Qatar dan Malaysia berhasil mereka singgahi dalam kunjungan selama beberapa minggu tersebut.

Juru bicara Hamas, Hazim Qasim, mengatakan bahwa anggota biro politik Hamas, Khalil Hayah, dan tim yang menemani, telah tiba kembali di Gaza setelah melakukan kunjungan luar negeri.

Delegasi yang dipimpin langsung Ketua Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, keluar dari Gaza pada tanggal 2 Desember 2019 lalu.

Oleh pihak Fatah, kunjungan luar negeri Hamas disebutkan bertujuan mendulang dukungan Amerika dan merupakan agenda untuk meloloskan perjanjian perdamaian tawaran Amerika The Deal of Century.

The Deal of Century merupakan sebuah agenda perdamaian yang ditawarkan Amerika untuk menyelesaikan sengketa Palestina-Israel.

Namun pemerintah Palestina di Tepi Barat menolak mentah-mentah tawaran tersebut. Amerika dianggap tidak lagi layak menjadi mendiator perdamaian dalam kasus ini.

Sejumlah kebijakan penting Amerika selalu berpihak untuk kepentingan Israel. Termasuk salah satunya pengakuan kota Yerusalem sebagai ibu kotanya Israel.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply
Posting terakhir