AS Diprediksi Umumkan Kesepakatan Abad Ini Sebelum Pemilu Israel Digelar

Dilansir dari Yisrael Heyom, meskipun tidak ada penjelasan isi pertemuan tersebut namun keduanya diduga membahas kemungkinan deklarasi “Kesepakatan Abad Ini” yang diusung Donald Trump sejak 3 tahun lalu,  sebelum pemilu Israel Maret mendatang.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,07 Jan 2020,01:23 PM

Tel Aviv, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu Penasihat Presiden AS, Avi Berkowitz, Senin malam (06/01/2019).

Dilansir dari Yisrael Heyom, meskipun tidak ada penjelasan isi pertemuan tersebut namun keduanya diduga membahas kemungkinan deklarasi “Kesepakatan Abad Ini” yang diusung Donald Trump sejak 3 tahun lalu,  sebelum pemilu Israel Maret mendatang.

Ini adalah kunjungan pertama Berkowitz ke Israel sebagai utusan perdamaian AS untuk Timur Tengah menggantikan Jason Greenblatt. Berkowitz juga diprediksi akan bertemu dengan Benny Gantz, pemimpin Aliansi Biru Putih sebelum terbang ke Washington.

Pemerintah AS sejak beberapa bulan terakhi siap mengumumkan Kesepakatan Abad Ini, namun ditunda melihat situasi politik Israel yang tidak stabil.

Program ekonomi dari Kesepakatan Abad Ini sudah dirilis Mei lalu namun tidak mendapatkan sambutan dari dunia internasional, karena itu Gedung Putih memutuskan akan mengumumkan program politik Deal of Century setelah kisruh di Israel berakhir.

Lalu sejak 3 minggu terakhir Gedung Putih  berencana mempercepat pengumuman isi dari Deal of Century meskipun Israel belum  membentuk pemerintahan baru.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir