Kunjungi Suriah, Putin hadiahkan Al-Quran cetakan abad ke-17

Vladimir Putin melakukan kunjungan kenegaraan perdana ke Suriah sejak pertama kali perang saudara bergejolak pada tahun 2011. Ia turut membawa kado spesial yang dihadiahkan untuk Masjid Agung Umayyah, berupa Al-Quran cetakan abad ke-17.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Wed,08 Jan 2020,10:19 AM

Damaskus, SPNA - Presiden Rusia, Vladimir Putin, Selasa (07/01), melakukan kunjungan dadakan ke Suriah. Kremlin mengkonfirmasi bahwa kunjungan tersebut bertujuan meninjau perkembangan terkini Suriah pasca berlangsungnya konflik saudara.

Di sela kunjungan, Putin menyempatkan diri mengunjungi Masjid Agung Umayyah yang terletak di Kota Lama Damaskus. Ia memberikan hadiah spesial berupa sebuah mushaf Al-Quran yang dicetak pada abad 17.

Selanjutnya tamu penting Bashar Al-Assad tersebut melanjutkan lawatan menuju salah satu katedral tua di Kota Damasku, Katedral Mariamite. Di sana ia juga memberikan kenang-kenangan berupa sebuah lukisan Bunda Maryam.

Mariamite adalah gereja tertua yang ada di Suriah. Sedangkan Masjid Umayyah, merupakan masjid nomor empat paling masyhur dalam Islam, setelah Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al-Aqsa Palestina.

Terkait kondisi Suriah pasca konflik saudara berkepanjangan, Putin mengatakan Suriah telah melakukan perkembangan yang sangat pesat.

Dilansir dari situs France24, ini merupakan kunjungan perdana Putin ke Suriah sejak pecahnya perang saudara tahun 2011 lalu. Presiden Suriah, Bashar Al-Assad mengucapkan terima kasih untuk Putin dan militer Rusia yang telah banyak membantu negaranya keluar dari konflik berdarah.

(T.HN/S: Rt.Arabic)

leave a reply