Penyelidikan Pelanggaran Perang di Palestina Akan Seret Sejumlah Pejabat Israel ke Meja Hijau

Pemerintah Israel dilaporkan  bersiap dengan keputusan Mahkamah Internasional (ICC) di Den Hag terkait rencana penyelidikan atas pelanggaran terhadap Palestina

BY Edited Tue,14 Jan 2020,11:37 AM

Tel Aviv, SPNA – Pemerintah Israel dilaporkan  bersiap dengan keputusan Mahkamah Internasional (ICC) di Den Hag terkait rencana penyelidikan atas pelanggaran terhadap Palestina.

ICC juga dapat mengeluarkan surat penangkapan terhadap pejabat tinggi Israel yang ikut dalam pembangunan hunian ilegal di di Tepi Barat, Maannews melaporkan (14/01/2019).

Penangkapan juga akan terjadi di seluruh negara  anggota ICC. Mereka dapat ditahan saat berada di luar negeri tanpa perlu surat keterangan.

Dia menambahkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Israel berupaya melobi Mahkamah Internasional agar tidak melakukan penyelidikan, namun upaya tersebut tidak berhasil.

Saat ini Israel mulai mengambil langkah-langkah politik melobi negara-negara pendukung Tel Aviv agar menekan Mahkamah Internasional.

Desember lalu, Jaksa Penuntut Umum Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Fatou Bensouda menegaskan akan mulai melakukan penyelidikan menyeluruh atas pelanggaran perang yang dilakukan Israel atas Paestina.

 

Kementerian Luar Negeri Palestina mengatakan bahwa pemimpin Israel panik dengan langkah hukum yang ditempuh Mahkamah Internasional (ICC) atas pelanggaran perang yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. "Meskipun begitu, hal ini tidak membuat zionis berhenti. Mereka masih terus melakukan pelanggaran terhadap Palestina," terang Kemenlu seperti dikutip oleh surat kabar resmi, Wafanews (13/01/2020).

Tel Aviv beriskukuh menduduki Palestina dan bersikap tak acuh dengan peringatan lembaga hukum jika hasil penyelidikan ICC membuktikan bahwa mereka melakukan pelanggaran perang. 

Kemenlu Palestina menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, serta bekerjasama dengan ICC demi mewujudkan keadilan bagi rakyat Palestina.

Pemerintah Israel dilaporkan  bersiap dengan keputusan Mahkamah Internasional (ICC) di Den Hag terkait rencana penyelidikan atas pelanggaran terhadap Palestina.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir