Israel Pindahkan 34 Tahanan Anak Palestina dari Penjara Ofer ke Penjara Damoun

Langkah ini bisa mencegah para tahanan anak tersebut memperoleh hak pengasuhan dan menjadikan mereka sebagai target tindakan kasar oleh Dinas Penjara Israel.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,14 Jan 2020,12:26 PM

Tepi Barat, SPNA - Dinas Penjara Israel (IPS), Senin (13/01/2020), merelokasi 34 tahanan anak Palestina yang ditahan di kamp militer dan penjara Ofer, dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel. Para tahanan tersebut dipindahkan ke penjara Damoun di Israel, kata Masyarakat Penjara Palestina (PPS) dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu memperingatkan akan bahaya langkah seperti itu sebab bisa mencegah para tahanan anak tersebut memperoleh hak pengasuhan dan menjadikan mereka sebagai target tindakan kasar oleh IPS.

Keputusan itu memicu protes keras oleh para tahanan dewasa yang menjaga anak di bawah umur. Tentu saja, hal ini karena relokasi dapat merusak hak-hak para tahanan kecil yang bisa disalahgunakan oleh penjaga penjara.

Sekitar 200 anak Palestina di bawah umur saat ini ditahan di penjara Israel, sementara hampir 5.000 tahanan politik Palestina dipenjara karena menentang pendudukan Israel atas tanah mereka. Para tahanan dewasa biasanya merawat anak di bawah umur dan membantu mereka menyesuaikan diri dengan situasi baru serta mewakili mereka dalam setiap perselisihan dengan IPS.

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir