Yordania Sepakat Tingkatkan Pasokan Listrik untuk Palestina

Perusahaan Listrik Nasional Yordania sepakat untuk meningkatkan jumlah arus yang diekspor ke Palestina dari 26 MW hingga 80 MW.

BY Edited Thu,16 Jan 2020,05:09 PM

Amman

Amman, SPNA - Bertempat di ibukota Yordania, Amman, Perusahaan Listrik Distrik Yerusalem (JDECO) dan Perusahaan Listrik Nasional Yordania, Rabu (15/01/2020), menandatangani sebuah perjanjian untuk meningkatkan kapasitas pasokan listrik Palestina. Ini dilakukan dengan memperkuat koneksi listrik di antara kedua negara yang akan memungkinkan peningkatan jumlah arus yang diekspor ke Palestina dari 26 MW hingga 80 MW.

Perjanjian tersebut ditandatangani di hadapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Yordania, Hala Zawati, kepala Otoritas Energi dan Sumber Daya Palestina, Thafer Melhem, direktur jenderal Perusahaan Listrik Nasional, Amjad al-Rawashda, dan direktur jenderal JDECO, Hisham Omari.

Melhem mengatakan kepada WAFA bahwa ada banyak alasan yang mendorong Palestina untuk bergantung pada negara-negara Arab untuk mendiversifikasi sumber energi Palestina. Dia mengatakan bahwa proyek ini akan meningkatkan kapasitas sistem kelistrikan di Palestina hingga 80 megawatt. Diharapkan proyek ini dapat selesai dalam waktu tujuh bulan.

Zawati menekankan pentingnya langkah ini dalam memperkuat kerja sama antara Yordania dan Palestina.

Rawashda mengatakan perjanjian itu merupakan tahap kedua dari hubungan bersama antara kedua negara. Dia menekankan pentingnya proyek ini untuk mencapai pendapatan tambahan bagi Perusahaan Listrik Nasional.

Palestina telah mencari negara-negara Arab tetangga untuk mendiversifikasi sumber energi mereka guna mengakhiri ketergantungan penuh mereka pada Israel, yang sering menggunakan ketergantungan ini untuk memeras rakyat Palestina.

(T.RA/S: WAFA)

leave a reply
Posting terakhir