40 ribu warga Palestina banjiri Masjid Al-Aqsa untuk melaksanakan shalat Jumat

Puluhan ribu warga Palestina Tepi Barat adakan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa. Warga yang datang menurut laporan Badan Wakaf Yerusalem mencapai 40 ribu jemaah.

BY Edited Sat,18 Jan 2020,10:38 AM

Tepi Barat, SPNA – Ribuan warga Palestina Tepi Barat, Jumat (17/01), banjiri Masjid Al-Aqsa untuk melaksanakan shalat Jumat.

Badan Wakaf Islami Yerusalem, pihak yang bertugas menjaga Masjid Al-Aqsa melaporkan, jumlah jemaah yang hadir mencapai 40 ribu warga. Mereka datang dari berbagai provinsi Tepi Barat, dan juga wisatawan arab serta asing.

Syekh Muhammad Husein yang bertindak sebagai khatib mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Al-Aqsa dalam jumlah besar akan membuat orang-orang Yahudi sakit hati.

Warga merasa terpanggil  seiring gencarnya penistaan yang dilakukan Israel dengan mengizinkan pemukim Yahudi kunjungi Al-Aqsa.

Selain shalat Jumat, warga Tepi Barat juga baru saja mengkampanyekan aksi shalat suhuh bersama di Masjid kiblat pertama umat Islam tersebut. Gerakan diberi nama “Subuh Luar biasa.”

Warga rela keluar rumah pertengahan malam bahkan di tengah musim dingin yang sedang memuncak, demi membela alasan di balik konflik Palestina sebenarnya.  Hal yang sama juga berlaku di Masjid Ibrahimiah, Masjid tersuci nomor dua di Palestina setelah Al-Aqsa.

Sama seperti Al-Aqsa, masjid yang terletak di tengah Kota Hebron tersebut juga merupakan salah satu situs Islam yang ingin direbut Israel.

Kunjungan Yahudi ke Al-Aqsa semakin padat sejak tahun 2003. Tahun dimana pemerintah Israel mulai membuka gerbang Al-Aqsa bagi warganya setiap hari kecuali Jumat dan Sabtu.

Departemen Wakaf Yerusalem yang bertugas mengurus Masjid Al-Aqsa sudah berulang kali meminta Israel untuk tidak mengizinkan warga Yahudi masuk ke Al-Aqsa. Namun permintaan seperti itu tidak pernah digubris.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir