Akibat Pestisida Beracun Israel, Sektor Pertanian Gaza Rugi 1,25 Juta Dolar

Kementerian Pertanian Palestina di Gaza memperkirakan nilai kerugian materi pada sektor pertanian akibat  pestisida beracun yang disemprotkan Pasukan Pendudukan Israel (IDF) di Jalur Gaza timur, mencapai  1,25 juta Dolar AS.

BY Edited Sat,25 Jan 2020,12:51 PM

Jalur Gaza, SPNA - Kementerian Pertanian Palestina di Gaza memperkirakan nilai kerugian materi pada sektor pertanian akibat  pestisida beracun yang disemprotkan Pasukan Pendudukan Israel (IDF) di Jalur Gaza timur, mencapai  1,25 juta Dolar AS.

Kementerian Pertanian dalam pernyataan yang dilansir Palinfo,  Kamis (23/01/2020) menambahkan bahwa total area pertanian yang menjadi korban pestisida Israel mencapai lebih dari 200 hektar.

Sebagian besar tanaman musim dingin dilaporkan  rusak, seperti gandum, kacang-kacangan, bawang dan beberapa tanaman lainnya.  

Kementerian Pertanian mengutuk tindakan tak bermoral yang dilakukan pasukan Israel tersebut. "Ini merupakan kejahatan mengerikan terhadap petani Palestina," ujar lembaga Palestina di Gaza tersebut.

Palestina juga meminta PBB, Lembaga Internasional dan Arab untuk melihat langsung kerusakan terhadap tanaman  petani Palestina. 

"Lembaga internasional memiliki peran penting dalam mengungkap kejahatan yang dilakukan Israel serta mengungkap kebohongan bahwa penyemprotan pestisida di lahan Palestina tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi kesuburan tanah.

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir