Netanyahu lobi Sudan untuk menjalin hubungan bilateral dengan Israel

Pemerintah Israel terus berusaha memperkuat keberadaannya di wilayah Timur Tengah. Terakhir Benjamin Netanyahu sedang melobi Sudan untuk bekerja sama dengan negara penjajah Palestina itu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,04 Feb 2020,09:56 AM

Tel Aviv, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Senin (03/02), menyatakan bahwa dirinya sedang berusaha melobi Ketua Dewan Kedaulatan Sudan, Abdel Fattah Al-Burhan, agar membuka diri untuk menjalin hubungan bilateral dengan negara Yahudi tersebut.

Informasi tersebut dibocorkan oleh kantor sekretariat resmi Netanyahu melalui sebuah cuitan Twitter.

Menurut sumber tersebut, kedua pemimpin negara bahkan telah melakukan pertemuan di Entebbe, atas undangan dari Presiden Uganda, Yoweri Museveni.

Netanyahu menilai arah politik Sudan sudah berlajalan di atas poros yang bagus dan lebih terbuka dibandingkan sebelumnya. Ia juga menyatakan telah mengabarkan berita sambutan baik Sudah tersebut kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo.

Burhan disebutkan ingin menyelamatkan ekonomi negaranya agar dapat keluar dari krisis ekonomi.

Dalam kontek lain, Netanyahu juga berterima kasih untuk Presiden Uganda yang telah menjembatani komunikasi Israel dengan sejumlah nengara Afrika.

Secara umum, terkecuali Mesir dan Yordania, tidak ada satupun negara Arab yang menjalin hubungan bilateral dengan negara anak kandung Amerika Serikat tersebut.

Namun belakangan arus normalisasi hubungan dengan Israel berlangsung dengan sangat gencar, salah satunya dapat dilihat dari keikutsertaan Israel dalam beberapa event olah raga di negara-negara Arab.

(T. HN/S: Qudspress)

leave a reply