26 mobil tangki BBM Israel dan Mesir tiba di Gaza

Gaza kembali mendapatkan pasokan BBM dari Mesir dan Israel. Kelangkaan BBM merupakan salah satu kendala yang dihadapi Gaza sejak pertama kali Israel melakukan blokade tahun 2007.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Wed,05 Feb 2020,10:39 AM

Gaza, SPNA - Gaza dikabarkan kembali mendapatkan pasokan BBM dari Israel dan Mesir. Sebanyak 26 mobil tangki, Selasa (04/02), tiba di Gaza melalui perbatasan Kerem Shalom di tenggara Gaza.

Dalam sebuah laporan singkat dari Kementerian Keuangan di Gaza, disebutkan 19 mobil tangki BBM tersebut berasal dari Mesri dan 7 dari Israel.

Keseluruhan BBM yang akan sampai ke Gaza berjumlah 550 ton.

Sejak pertama kali Israel memblokade Gaza pada tahun 2007, kelangkaan BBM menjadi salah satu hal yang menjadi tantangan besar bagi warga Palestina di wilayah tersebut.

Gerbang perbatasan yang semua dikuasai Israel, kecuali Rafah, membuat pemerintah Yahudi tersebut semakin leluasa untuk menekan para pejuang Gaza. Penahanan BBM yang dilakukan Israel biasanya berlangsung dengan alasan bahwa BBM tersebut akan di gunakan untuk melancarkan serangan ke Gaza.

Kelangkaan BBM membuat sejumlah instansi kesehatan bahkan tidak bisa memberikan pelayanannya kepada warga.

Pertengahan bulan lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sendiri mendapatkan kritikan dari warganya ketika membuka perbatasan untuk mengirimkan BBM ke Gaza. Mereka mengklaim bahwa Netanyahu tidak lagi memikirkan warganya di perbatasan yang kerap menjadi sasaran serangan para pejuang dan demonstran yang mengadakan unjuk rasa.

Dikutip dari i24news, sejak dua tahun terakhir Mesir sudah mulai membuka secara regular perbatasan Rafah. Satu-satunya jalur yang menghubungkan Gaza dengan dunia luar. Perjalanan para pemimpin faksi perjuangan Palestina dan pengiriman BBM serta bantuan kemanusiaan biasanya berlangsung melalui gerbang perbatasan ini.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply