Israel Kurangi Batas Area Penangkapan Ikan Untuk Nelayan Gaza

 Israel mengurangi area penangkapan ikan dari 15 mil menjadi 10 mil untuk wilayah Rafah sampai Jalur Gaza tengah. Sementara dari Jalur Gaza tengah hingga ke utara nelayan hanya diizinkan menangkap ikan di jarak 6 mil saja, terang penanggung jawab nelayan Palestina tersebut.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Thu,06 Feb 2020,12:03 PM

Jalur Gaza, SPNA – Koordinator Operasional Israel di wilayah Palestina, Rabu (05/02) menyatakan bahwa area penangkapan ikan untuk nelayan Gaza dikurangi dari 15 mil menjadi 10 mil saja.

Hal ini dilakukan sebagai sanksi terhadap penembakan roket dan balon pembakar dari Gaza ke wilayah Israel.

Namun,  berdasarkan Zakarya Bakr, Israel mengurangi area penangkapan ikan dari 15 mil menjadi 10 mil untuk wilayah Rafah sampai Jalur Gaza tengah.

Sementara dari Jalur Gaza tengah hingga ke utara nelayan hanya diizinkan menangkap ikan di jarak 6 mil saja, terang penanggung jawab nelayan Palestina tersebut.

Sebelumnya, Israel juga telah menghentikan pasokan semen dari Israel ke Jalur Gaza serta membatalkan izin terhadap ratusan pedagang Gaza sebagai sanksi ekonomi atas serangan roket pejuang Gaza terhadap permukiman Israel di selatan. 

Pasukan pejuang Gaza kembali melancarkan serangan roket setelah Donald Trump mendeklarasikan Deal of Century.

Serangan tersebut dibalas Israel dengan serangan udara terhadap sejumlah wilayah di Gaza. Israel juga menambah kekuatannya di perbatasan Gaza pasca deklarasi kesepakatan abad ini yang dihadiri oleh Netanyahu.

(T.RS/S:i24News)

leave a reply