Otoritas Israel Melarang Ekspor Produksi Pertanian Gaza

Kementerian Ekonomi Palestina melaporkan bahwa Otoritas Israel memulangkan kembali truk  kontainer Gaza yang yang mengangkut buah -buahan untuk di ekspor ke luar negeri.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,08 Feb 2020,01:59 PM

Jalur Gaza, SPNA – Kementerian Ekonomi Palestina melaporkan bahwa Otoritas Israel memulangkan kembali truk  kontainer Gaza yang yang mengangkut buah -buahan untuk di ekspor ke luar negeri.

Selama dua hari terakhir Kamis dan Jum'at pemerintah Israel melarang ekspor produksi  pertanian Gaza ke pasar Israel dan internasional.

Sebelumnya, Menteri Pertahan Israel, Naftali Bennet mengeluarkan keputusan melarang masuk produksi pertanian Gaza ke pasar Israel dan dan ekspor luar negeri,Rt Arabc melaporkan (08/02).

2018 lalu, hasil pertanian Gaza di pasar Israel menuai keuntungan hingga 88 $, setara dengan 68% dari seluruh total produksi pertanian Palestina yang mencapai 130 $.

Sementara itu keuntungan kerjasama dagang antara Palestina dan negara Internasional pada 2018 mencapai 7.964 Miliar $.

Pemerintah Palestina sebelumnya dilaporkan menolak buah-buahan, sayuran, jus dan air mineral dari Israel ke pasar Palestina setelah Tel Aviv menolak produksi Palestina masuk ke pasar mereka.

Pada 31 Januari 2020 kemarin Israel dilaporkan melarang masuk produksi pertanian Israel dari Tepi Barat. Hal ini dilakukan  untuk membalas kebijakan Palestina yang menolak impor ternak Israel.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply