Warga Ceko ikut berunjuk rasa bela Palestina

Untuk pertama kalinya warga Ceko menyampaikan dukungannya terhadap Palestina. Dalam unjuk rasa yang berlangsung di ibu kota Praha itu warga mengecam kebijakan Amerika yang menindas warga Palestina.

BY Edited Sun,16 Feb 2020,10:26 AM

Praha, SPNA - Warga Ceko, Sabtu (15/02), mengadakan aksi solidaritas untuk warga Palestina di Ibu Kota Praha. Aksi tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi warga Ceko. Mereka mengecam  kebijakan Pemerintah Amerika Serikat yang menindas Palestina.

Pengunjuk rasa yang terdiri dari warga biasa, aktivis dan sejumlah komunitas warga Palestina berkumpul di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Ceko.

Perwakilan dari salah satu organisasi pembebasan Palestina, Fatah, di Ceko, Muhammad Isa mengatakan bahwa para pengunjuk rasa menyampaikan kecaman mereka terhadap Deal of The Century atau Perjanjian Abad Ini.

Perjanjian yang  menguntungkan sebelah pihak tersebut disebutkan sebagai salah satu bentuk penindasan terhadap hak asasi warga Palestina.

Dalam aksinya mereka mengangkat bendera Palestina dan sejumlah slogan menentang kebijakan negara Paman Sam tersebut.

Selasa (28/01) bulan lalu, Presiden Amerika Donald Trump akhirnya mengumumkan isi dari Deal of The Century atau Perjanjian Abad Ini yang telah lama dibicarakan dalam setahun terakhir. Ia merupakan sebuah format perdamaian yang diklaim dapat menyelesaikan konflik berkepanjagan antara Palestina dan Israel.

Salah satu poin pincang dalam draf perdamaian tersebut, Palestina harus menyerahkan seluruh wilayah Yerusalem untuk Israel, termasuk di dalamnya Masjid Al-Aqsa. Warga Palestina tetap akan diberikan akses menuju tempat suci tersebut asalkan tidak berniat menciptakan kerusuhan.

Pemerintah Palestina jauh hari sebelumnya telah menyatakan penolakannya. Amerika dianggap tidak lagi layak untuk menjadi penengah dalam kasus Palestina.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply
Posting terakhir