Mantan Presiden Kongo Meninggal Dunia Akibat Corona

[Mantan Presiden Kongon menutup mata pada usia 81 tahun setelah berjuang melawan Corona. Sebelum terinfeksi virus ia disebutkan memang telah mengalami gangguan kesehatan.]

BY Edited Wed,01 Apr 2020,10:46 AM

Paris, SPNA – Mantan Presiden Kongon, Joachim Yhombi-Opango (81 tahun), Senin (30/03), meninggal dunia di Perancis pasca dikonfirmasi positif terjangkit virus Corona. Kabar duka diperoleh dari pihak keluarga yang memberikan keterangan kepada media Perancis.

Dari media lokal Kongo diketahui bahwa Yhombi sebelumnya memang sudah mengalami gangguan kesehatan sebelum positif terkena Corona.

Yhombi menjabat sebagai perwira militer sebelum kemudian diangkat menjadi Presiden dari tahun 1977 sampai tahun 1979.

Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dari tahun 1993 sampai tahun 1996. Dan hidup dipengasingan dari  1997 sampai 2007.

Terkait Corona, Kongo merupakan salah satu negara yang masih bersiah dari virus mematikan itu. Dikutip dari salah satu media Inggris, The Daily Star, Kongo berada bersama 22 negara lainnya yang masih selamat dari jangkauan Covid-19.

Dua puluh satu negara lainnya adalah Yaman, Korea Utara, Malawi, Burundi, Sudan Selatan, Juba, Sierra Leone, Lesotho, Comoros, Sao Tome and Príncipe, Tajikistan, Turkmenistan, Solomon Islands, Samoa, Vanuatu, Kiribati, Federated States of Micronesia, Tonga, Marshall Islands, Palau, Tuvalu, Botswana dan Nauru.

(T.HN/S: Maannews)

leave a reply
Posting terakhir