Arab Saudi Himbau Muslim Dunia Tunda Rencana Keberangkatan Ibadah Haji

Demi keselamatan jemaah, Arab Saudi mengajak muslim dunia untuk menunda sementara niat melakukan ibadah Haji dan Umrah. Namun demikian, Saudi menegaskan kesiapan mereka untuk menyelenggarakan hsaji tahun ini.

BY Edited Thu,02 Apr 2020,10:39 AM

Riyadh, SPNA - Menteri Urusan Haji dan Umrah Saudi, Muhammad Saleh Benten, Selasa (31/04), dalam wawancara dengan salah satu televisi Saudi meminta umat muslim agar mempertimbangkan niat melakukan ibadah haji pada tahun ini.

 "Kami meminta saudara-saudara kami dari seluruh negara dunia untuk menunda sementara waktu pendaftaran haji sampai kondisi benar-benar jelas."

Dikutip dari Reutres, terhitung sekitar 2,5 juta umat muslim setiap tahunnya berdatangan ke Arab Saudi untuk menunaikan kewajiban haji. Penyelenggaraan haji merupakan sumber pendapat paling besar bagi Arab Saudi.

Namun pandemi Corona yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, menimbulkan banyak tanda tanya tentang kemungkinan pelaksanaan haji yang seharusnya berlangsung pada akhir Juli nanti.

Sebelumnya Saudi telah mengambil sejumlah kebijakan preventif untuk menekan penyebaran virus.. Seperti kebijakan menunda Umrah dan menutup bandara untuk penerbangan internasional.

Sampai saat ini, tercatat sepuluh angka kematian dari total 1.563 warga Saudi yang positif terpapar Corona.

Dikutip dari AlArabiya, Salah Benten menegaskan bahwa Saudi selalu siap untuk menyambut jemaah kapan saja, namun keselatan untuk saat ini adalah nomor satu.

Saudi juga telah memberikan pelayan terbaiknya untuk 1200 jemaah umrah yang tidak dapat meninggalkan Saudi akibat penutupan penerbangan.

(T.HN/S: Alarabiya)

leave a reply
Posting terakhir