Palestina Kutuk Serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsha

Kemenlu Palestina mengatakan bahwa pemerintah Israel berusaha untuk memuaskan para pendukung ekstremis dan menyelesaikan krisis internal pemerintahannya dengan mengorbankan hak-hak rakyat Palestina, terutama terkait status quo di Masjid Al-Aqsha dan kota Yerusalem.

BY 4adminEdited Wed,05 Apr 2023,02:04 PM

Ramallah, SPNA - Kementerian Luar Negeri Palestina, pada Rabu pagi (05/04/2023), mengutuk serbuan dan serangan pasukan pendudukan Israel ke Masjid Al-Aqsha. Pasukan pendudukan Israel menyerang para jamaah sehingga menyebabkan puluhan mengalami luka-luka, dan ratusan lainnya ditangkap. Mereka juga merusak jendela Masjid Al-Qibli di kompleks Al-Aqsha dan sejumlah fasilitas masjid lainnya.

Palestina memperingatkan dampak serangan tersebut di arena konflik. Kemenlu Palestina menekankan bahwa serangan ini termasuk dalam bagian keputusan resmi Israel untuk melanggengkan pembagian Masjid Al-Aqsha bagi Yahudi, Yahudisasi Yerusalem, memaksakan kontrol, dan membersihkan penduduk Palestina dari Yerusalem.

Kemenlu Palestina mengatakan bahwa pemerintah Israel berusaha untuk memuaskan para pendukung ekstremis dan menyelesaikan krisis internal pemerintahannya dengan mengorbankan hak-hak rakyat Palestina, terutama terkait status quo di Masjid Al-Aqsha dan kota Yerusalem.

Palestina menganggap pemerintah Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas gelombang eskalasi di arena konflik, baik serangan yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel atau milisi pemukim Zionis, khususnya di Yerusalem, dan di seluruh Palestina yang diduduki secara umumnya.

Komisi Urusan Tahanan Palestina, pada Rabu (05/04/2023), menyebutkan bahwa pasukan pendudukan Israel menangkap lebih dari 400 jemaah muslim selama serang terhadap Masjid Al-Aqsha dan jamaah yang sedang melakukan i’tikaf pada malam Rabu.

Komisi Urusan Tahanan Palestina menyebutkan bahwa di antara korban yang ditangkap mengalami luka-luka setelah diserang pasukan pendudukan Israel ketika menyerbu Al-Aqsha. Pasukan pendudukan Israel menembakkan peluru berlapis karet, gas air mata, dan memukuli para jamaah dengan brutal.

(T.FJ/S: Wafa)

leave a reply
Posting terakhir

OKI Kutuk Serbuan Israel terhadap Masjid Ibrahimi di Hebron

Serbuan Penyerbuan Isaac Herzog ke Masjid Ibrahimi bertepatan dengan pengumuman otoritas pendudukan Israel yang menyetujui pembangunan 372 unit permukiman ilegal baru di tanah Palestina untuk memperluas permukiman Kiryat Arba yang dibangun di atas tanah kota Hebron.

Yordania Kutuk Serangan Terhadap Aset Gereja di Yerusalem

“Yordania menolak secara mutlak terhadap semua tindakan yang bertujuan mengubah identitas dan karakter Yerusalem Timur yang diduduki, termasuk Kota Tua, dan mengubah status quo sejarah dan hukum di Yerusalem dan tempat-tempat sucinya, termasuk berbagai aset, properti, dan harta wakaf umat Islam dan Kristen di Yerusalem. Yordania mendukung penuh Yerusalem dan Gereja Ortodoks melawan serangan kelompok pemukim Israel” kata juru bicara resmi kementerian, Haitham Abu Al-Ful.