Erdogan Bertemu As-Sisi di Kairo, Gencatan Senjata di Gaza Jadi Pembahasan Utama

Selain memulai kembali sejumlah kerjasama, Erdogan juga mengundang secara resmi As-Sisi ke Turki.

BY 4adminEdited Thu,15 Feb 2024,09:50 AM
Erdogan As-Sisi in Cairo.JPG

Kairo, SPNA – Presiden Turki, Recep Taayyip Erdogan, Rabu (14/02/2024), bertemu dengan Presiden Mesir, Abdel Fattah As-Sisi di Kairo. Ini merupakan pertemua pertama kali keduanya sejak satu dekade terakhir.

Ada banyak tema yang diperbincangkan dalam pertemuan tersebut, namun tema perang yang berlangsung di Gaza mendominasi pembicaraan keduanya.

Kedua pemimpin negara tersebut mengusulkan agar segera terjadi gencata senjata di Gaza.

“Kami akan melanjutkan kerja sama dan solidaritas dengan saudara-saudara kami di Mesir agar pertumpahan darah di Gaza dapat dihentikan.” Ucap Erdogan.

Hal yang sama juga disampaikan As-Sisi dalam pidatonya. “Dalam duskusi dengan Presiden Erdogan, kami sepakat untuk mendesak gencatan senjata dalam waktu sesegera mungkin, dan menciptakan stabilitas di Tepi Barat, sehingga dapat dimulai kembali pembicaraan damai. Hingga mencapai kemerdekaan untuk negara Palestina dengan batas negara seperti yang ditentukan pada tanggal 4 Juni 1967.”

Erdogan dan As-Sisi juga sepakat untuk melakukan upaya perbaikan hubungan yang sempat tegang selama bertahun-tahun, menandatangani perjanjian perdagangan, pariwisata dan pertahanan selama pertemuan puncak mereka. Erdogan juga mengundang rekan Mesirnya tersebut untuk mengunjungi Ankara.

(T.HN/S: Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir