Afrika Selatan Siap Menjembatani Rekonsiliasi Fatah-Hamas

BY Rizky SyahputraEdited Mon,01 Aug 2016,01:53 PM

Dalam Waktu Dekat Afrika Selatan Siap Menjembatani Rekonsiliasi Fatah-Hamas.

Ramallah - Suarapalestina- Dalam waktu dekat, Afrika selatan siap menjadi penengah rekonsiliasi Hamas-Fatah. Seperti yang dilansir oleh kantor berita AFP dan koran Keep Times dan dikutip oleh Kantor Berita Suara Palestina Gaza City, bahwa LSM “Institute For Palestine” di Afrika Selatan siap menjadi penengah rekonsiliasi Hamas-Fatah. Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa tokoh politik Palestina dalam rangka menyatukan kekuatan di Palestina antara kelompok yang bertikai.

Hal ini dilansir oleh koran Keep Times bahwa upaya ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalinya. Dimana sebelumnya dilakukan perundingan untuk menyatukan kekuatan faksi-faksi yang ada pada tahun 1991 dan akhirnya tegak demokrasi di afrika selatan tahun 1994.

Nabil Saad, anggota biro politik Fatah menyatakan bahwa negara-negara sebelumnya belum pernah melakukan upaya perundingan diantara kelompok yang bertikai di Palestina. Afrika Selatan (Afsel) adalah negara pertama yang mengupayakan hal ini. Hal ini juga didukung oleh salah satu partai berkuasa di Afsel, partai Mu’tamar Demoqrathy sangat mendukung upaya ini.

Ada tiga hal yang akan dibahas dalam rekonsiliasi ini, pertama: “Gaji pegawai pemerintah Palestina, Pemilu Legislatif dan Eksekutif, serta upaya kegiatan politik bersama kedua belah pihak.

leave a reply
Posting terakhir