Meski ditentang Israel, Fatah tetap membangun monumen As-Syah

BY Ihsan ZainuddinEdited Sat,24 Jun 2017,10:01 AM

 Meski ditentang  Israel,  Fatah tetap membangun  monumen  As-Syahid Khalid Nazal

Jenin -SPNA- Gerakan Pembebasan Palestina, Fatah, menegaskan akan membangun kembali monumen As-Syahid Khalid Nazal di Jenin. Fatah akan berkoordinasi dengan pejabat daerah setempat untuk merenovasi simbol perjuangan rakyat Palestina itu.

Sebelumnya, monumen tersebut telah dirobohkan setelah aparat Israel mengancam akan membakar kawasan yang melingkupi lokasinya. 

Khalid  Nazal (1948) adalah simbol perlawanan rakyat Palestina. Dia adalah pendiri sekaligus  tokoh Front Demokrasi Pembebasan Palestina.  Dia juga adalah tokoh militer yang cukup berdedikasi tinggi selama hidupnya, dan tak gentar memperjuankan hak-hak kemerdekaan untuk rakyat Palestina.

Dia pernah ditangkap oleh Mozad pada tahun 1986. Sebelumya, ia terlibat dalam sejumlah  operasi militer yang mengakibatkan kerugian belasan nyawa di pihak Israel.

Karena itu, pendirian monument Khalid Nazal sangatlah beralasan bagi pemerintah Palestina. Namun otoritas Israel menilai bahwa rencana itu merupakan bentuk provokasi kepada kaum muda Palestina untuk melukai dan  membunuh warga Yahudi.

 

SPNA Gaza City

Sumber: maannews.net, Penerjemah: Ihsan

leave a reply