Jelang Ramadan, Ini Pesan WHO Untuk Muslim yang Berpuasa

Umat Muslim dunia sebentar lagi akan menyambut bulan suci Ramadan. Tahun ini, suasana Ramadhan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Ramadan kaum Muslimin akan melaksanakan puasa di tengah pandemi Corona. WHO mengajak umat Islam untuk serius memperhatikan kesehatan.

BY Edited Mon,20 Apr 2020,02:18 PM

Kairo

Kairo, SPNA – Menjelang Ramadan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan sejumlah instruksi bagi warga Muslim yang akan berpuasa di tengah situasi pandemi Corona.

Kantor WHO cabang Timur Tengah dalam sebuah penyataan,  Sabtu (18/04/2020), menganjurkan warga Muslim untuk mengkonsumsi air yang cukup dan makanan bergizi ketika berbuka. Setidaknya, tubuh membutuhkan sepuluh gelas air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang terkuras karena berpuasa.

Juga, dianjurkan untuk menghindari minuman berkafein, seperti kopi dan teh, serta minuman bersoda.

Kafein dapat menyebabkan sering buang air kecil, yang dapat mengakibatkan dehidrasi.

Khususnya di wilayah Timur Tengah, Ramadhan tahun ini akan berlangsung pada musim panas.

Durasi waktu puasa di wilayah tersebut akan lebih lama di bandingkan Indonesia. Kisaran durasi waktu puasa rata-rata antara 15 -16 jam.

Bagi yang berpuasa, sangat dianjurkan untuk tidak langsung beraktivitas di bawah terik matahari. Mereka juga dianjurkan mengkonsumsi makan sehat dan seimbang.

Lembaga Kesshatan Dunia tersebut juga menganjurkan Muslim untuk berbuka dengan kurma yang kaya akan serat. Serta memperbanyak sayur-sayuran.

(T.HN/S: Rt.Arabic)

leave a reply
Posting terakhir