Jadi yang Pertama, Restoran Terapung Berdiri di Gaza

Di tengah minimnya alat dan bahan konstruksi yang dibutuhkan, para insiyiur Gaza membuktikan bahwa mereka mampu berkarya meski Israel terus memblokade wilayah kantong tersebut.

BY 4adminEdited Tue,22 Aug 2023,01:45 AM

Gaza, SPNA - Untuk pertama kalinya sebuah restoran terapung berdiri di wilayah Gaza. Mengususng nama Qalaa, restoran ini indah berdiri di atas perairan Mediterania.

Sang perancang, Mahmoud Abu Kamil, pemilik Kantor Konstruksi Al Jazeera, kepada MEMO menuturkan, “Kami menghadapi masalah yang paling sulit, yaitu kekurangan semen yang tidak terpengaruh oleh faktor cuaca, dan kami menyiasatinya dengan mengubah proporsi campuran beton sehingga membantu dalam menahan faktor cuaca dan air, serta melapisinya dengan aspal dan melindungi baja tulangan.”

Selain harus mengatasi kurangnya beton yang sesuai akibat pengepungan Israel yang sedang berlangsung, para insinyur juga perlu menemukan cara untuk mengebor air tanpa peralatan yang diperlukan. Hal ini mereka lakukan dengan menggunakan rig dan menaikkan serta menurunkan barang-barang yang perlu dibor keluar dari air.

Pengerjaannya, tambah Mahmoud, membuktikan kemampuan yang dimiliki para insinyur Gaza.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

 Ekonomi semakin sulit,  Restoran Mesir di Jalur Gaza terancam tutup

Jalur Gaza -SPNA- “Saat ini Anda berada di Mesir,” demikian bunyi tulisan pendek yang tergantung di depan pintu  salah satu restoran di Jalur Gaza. Ungkapan ini mengisyaratkan betapa sulitnya warga Jalur Gaza melakukan perjalan sampai ke Mesir, kecuali bagi mereka yang benar-benar beruntung berhasil lolos melalui  pintu perlintasan “Rafah” antara Jalur Gaza dan Palestina.

4.png

Restoran bergaya penjara di Mesir

Terletak di lantai dasar sebuah bangunan yang menghadap ke jalan utama, restoran ini menawarkan suasana penjara yang sangat kental. Makanan disajikan di nampan logam, sementara pelanggan duduk mengitari meja kayu dengan ember logam di bawahnya yang digunakan sebagai tong sampah.