8 Kali aksi Intifadah di Tepi Barat, 22 warga Israel tewas

BY Mahmoud Abu ShariaEdited Thu,12 Jan 2017,07:44 AM

8 Kali aksi Intifadah di Tepi Barat, 22 warga Israel tewas

Al-Quds-SPNA- Operasi perlawanan terhadap Israel kembali terjadi di al-Quds dan Tepi Barat. Seperti dirilis oleh Maariv, Rabu (11/1), bahwa di wilayah Jabal Mukabber kota al-Quds sebanyak 22 warga Israel tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Sebelumnya, insiden di awal tahun, Ahad (8/1), aksi Intifadah telah dilakukan oleh Fadhy Qunbar dengan menabrakkan mobil ke arah tentara Israel, dan menewaskan empat orang dan 15 lainnya mengalami luka-luka yang cukup serius.

Pada tahun 2015 lalu, aksi serupa terjadi di permukiman Yahudi, yang menewaskan tiga warga Israel dan tujuh lainnya luka-luka. Bahkan pada tahun 2014, lima orang warga Israel menjadi sasaran aksi Intifadah pemuda Palestina dengan menggunakan pisau dan senjata api. Di tahun 2002 juga demikian, sebanyak 19 warga Israel yang tinggal di permukiman tewas di tangan pemuda Palestina.

Tercatat, sejak tahun 1987 hingga sekarang, aksi Intifadah ini banyak terjadi di wilayah Jabal Mukabber, Tepi barat. Dari segi keamanan, Israel menilai bahwa wilayah ini banyak dihuni oleh warga Palestina yang memiliki keberanian diantara daerah lain.

SPNA Gaza City

Penerjemah: Syadid

leave a reply