Palestina dan Yunani bahas kerjasama bilateral

BY Ihsan ZainuddinEdited Wed,31 May 2017,08:09 AM

 Palestina dan Yunani bahas kerjasama bilateral

Ramallah -SPNA- Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Maliki, Selasa (30/05/2017), menyambut Menteri Luar Negeri Yunani Profesor Georgios Katrougalos di Gedung Parlemen Palestina, Ramallah.

Pertemuan yang bertujuan untuk mempererat kerjasama bilateral tersebut dihadiri  Konsul Jenderal Yunani di al-Quds Christos Soviano Paulos dan sejumlah pejabat lainnya.

Maliki mengusulkan untuk mendirikan lembaga kementerian bersama dalam rangka untuk mempererat kerjasama dalam berbagai bidang khsusunya perekomian dan perdagangan.

Menurutnya, Palestina memiliki peluang untuk mengembangkan perekomomian dan mendirikan lapangan kerja di Tepi Barat. Namun, Palestina tidak bisa bergerak bebas dibawah pendudukan Israel.

Berakhirnya pendudukan tersebut dapat membantu Palestina agar tidak lagi bergantung dengan bantuan internasional, karena Palestina memiliki sumber kekayaan yang berlimpah dan aset pariwisata, dimana hal ini dapat membantu perkembagan ekonomi.

Maliki juga menyatakan kekhawatirannya atas sikap Yunani yang kurang mendukung Palestina dalam forum internasional.

Sementara itu, Katrougalos menekankan bahwa Yunani memiliki hubungan kuat dengan Palestina. Krisis Palestina menduduki posisi penting bagi pemerintahan Yunani dan Uni Eropa.

Selain itu Katrougalos setuju dengan usulan mendirikan komite kementerian bersama dan akan melakukan diskusi dengan pemerintah daerah Palestina, seperti dilansir Ramallah News.

 

SPNA Gaza City

Sumber: Ramallah News, Penerjemah: Rizky Syahputra

leave a reply