IOF serbu kawasan purbakala Sebastia

BY Ihsan ZainuddinEdited Mon,05 Jun 2017,06:59 AM

 IOF serbu kawasan purbakala Sebastia

Nablus -SPNA- Pasukan pendudukan Israel atau Israeli Occupation Forces (IOF) menyerbu kawasan purbakala Sebastia, utara Nablus, Kamis (01/06/2017). IOF meratakan dan membuka jalan untuk para pemukim.

Kepada Palestinian Information Center (PIC), seorang warga setempat menyatakan bahwa pembukaan jalan tersebut akan meningkatan upaya penyerbuan yang dilakukan oleh IOF dan mengubah fitur sejarah tempat tersebut, hal ini jelas melanggar hukum internasional khususnya UNESCO.

Ia menjelaskan pula bahwa sebelumnya Sebastia telah menolak upaya Israel untuk mengambil alih situs bersejarah tersebut dengan dalih restorasi.

Sebastia adalah sebuah desa Palestina yang dihuni oleh lebih dari 4,500 penduduk, berlokasi di Provinsi Nablus, Tepi Barat, dengan luas 4,810 dunum (Dunum adalah ukuran tanah yang digunakan pada masa khilafah Turki Utsmani, dengan perbandingan 1 dunum sama dengan seperempat hektar atau 2.500 meter persegi). Sebagian besar wilayah desa (43%) berada di Area C berdasarkan Perjanjian Oslo.

 

SPNA Gaza City

Sumber: Palestinian Information Center, penerjemah: Ratna 

leave a reply
Posting terakhir