Dalam 24 jam, Israel membunuh 6 warga Palestina

Gaza, SPNA - Seorang pria Palestina ditembak dan dibunuh oleh polisi Israel di dekat Gerbang Damaskus menuju Kota Tua Yerusalem pada Selasa malam (18/09/2018) ....

BY 4adminEdited Wed,19 Sep 2018,01:43 PM

Gaza, SPNA - Seorang pria Palestina ditembak dan dibunuh oleh polisi Israel di dekat Gerbang Damaskus menuju Kota Tua Yerusalem pada Selasa malam (18/09/2018) setelah diduga akan melakukan penikaman pada awal liburan Yom Kippur.

Polisi Israel mengatakan bahwa pria itu menuduh seorang Yahudi, menjatuhkannya ke tanah, dan kemudian berlari ke arah petugas yang menembakinya saat dia melambaikan benda tajam.

Seorang saksi Palestina mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa "pria yang dituduh tersebut tidak mencoba menusuk siapa pun, sebaliknya ia berusaha 'membela diri' dari seorang warga sipil Yahudi."

Media Palestina mengidentifikasi pria yang dibunuh sebagai Muhammad Yousif Alayan dari kamp pengungsi Qalandiya dekat kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki.

Polisi Israel menerbitkan sebuah video termasuk rekaman kamera keamanan terkait insiden tersebut dari berbagai sudut. Video itu juga menunjukkan objek, berupa obeng, yang mungkin dipegang Alayan ketika dia ditembak.

Tidak ada orang Israel yang dilaporkan terluka.

Alayan adalah orang Palestina ketiga yang meninggal dalam dugaan serangan penusukan di Yerusalem Timur yang diduduki tahun ini.

Abd al-Rahman Bani Fadel (28), menikam dan membunuh seorang pemukim dekat pintu masuk ke kompleks masjid al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem sebelum dia ditembak mati oleh polisi pada bulan Maret lalu.

Bulan lalu, Ahmad Mahamid, seorang warga Palestina berusia 30 tahun Israel, ditembak dan meninggal setelah mencoba menikam polisi di Kota Tua. Keluarganya mengatakan bahwa penusukan tersebut tidak bermotif politik dan bahwa Mahamid sakit jiwa.

Pada hari Minggu, seorang pria Amerika dengan kewarganegaraan Israel ditikam dan dibunuh oleh seorang Palestina berusia 16 tahun di pemukiman Tepi Barat. Penyerang Palestina tersebut tetap selamat meski telah ditembak beberapa kali, dan saat ini sedang ditahan di sebuah rumah sakit Israel.

Juga pada hari Selasa (18/09/2018), Muhammad Zaghloul al-Khatib al-Rimawi (24) meninggal setelah dipukuli oleh tentara di rumahnya di Tepi Barat yang diduduki.

Sementara itu, pasukan pendudukan Israel menewaskan empat orang Palestina di Jalur Gaza selama rentang 24 jam pada hari Senin dan Selasa.

Dua orang Palestina ditembak dan dibunuh oleh tentara Israel di Gaza utara pada hari Selasa.

Kementerian Kesehatan Gaza mengidentifikasi mereka yang dibunuh adalah Muhammad Ahmad Abu Naji (34), dan Ahmad Muhammad Muhsin Omar (20).

Keduanya berada di antara ratusan orang yang memprotes blokade Israelpos pemeriksaan Beit Hanoun (Erez).

Protes di sepanjang perbatasan timur Gaza dengan Israel telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir akibat terhentinya pembicaraan antara Hamas dan Israel untuk mengakhiri blokade dan para pemimpin Hamas bersumpah untuk mematahkan pengepungan dengan cara apa pun yang diperlukan.

Sementara itu, dua warga Palestina meninggal dalam serangan udara Israel di Jalur Gazaselatan pada Senin malam.

Kementerian Kesehatan Gaza mengidentifikasi mereka adalah Naji Jamil Abu Assi (18) dan Alaa Ziyad Abu Assi (21).

Militer Israel mengklaim bahwa mereka berada di antara sekelompok orang Palestina yang telah mendekati pagar perbatasan Gaza-Israel dan menempatkan objek mencurigakan di dekatnya.

Pasukan pendudukan Israel beroperasi di bawah kebijakan tembak-menembak yang jelas di daerah perbatasan Gaza. Jarak yang tepat dari zona tersebut tidak dideklarasikan tetapi secara umum dipahami berada dalam jarak 300 meter dari perbatasan Gaza-Israel.

Pasukan Israel telah menewaskan hampir 200 orang Palestina di Gaza sepanjang tahun ini, termasuk sekitar 135 orang yang ditembak dan tewas selama demonstrasi Great March of Return yang diadakan di sepanjang perbatasan timur sejak 30 Maret.

Hampir 30 anak Palestina telah dibunuh oleh tentara Israel selama protes tersebut.

Pada hari Sabtu, Suhaib Abu Kashif yang berusia 16 tahun meninggal karena luka yang dideritanya pada tanggal 3 Agustus, ketika tembakan langsung “memotong jaringan tulang belakangnya, melumpuhkannya sehingga dia tidak dapat bernafas sendiri,” menurut laporan Children International Palestine.

(T.RA/S: The Electronic Intifada)

leave a reply
Posting terakhir