Untuk pertama kali pasca ketegangan Turki dan AS, Erdogan dan Donald Trump makan malam bersama di Paris

Paris, SPNA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Donald Trump mengadakan pembicaraan singkat dalam undangan makan malam Presiden ....

BY 4adminEdited Sun,11 Nov 2018,10:19 AM

Paris, SPNA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Donald Trump mengadakan pembicaraan singkat dalam undangan makan malam Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Acara tersebut diadakan di Musée d'Orsay di Paris dalam rangka menghormati negara-negara yang memperingati seratus tahun berakhirnya Perang Dunia Pertama.

Erdogan diundang oleh Macron untuk berpartisipasi dalam peringatan 100 tahun perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri Perang Dunia Pertama.

Ini adalah pembicaraan pertama antara Trump dan Erdogan pasca pembebasan pastor AS, Andrewa Brunson, seperti dilansir Sputnik. 

Penangkpan Brunson sempat memicu ketegangan antara Ankara dan Washington dimana pemerintah AS memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Turki.

12 Oktober lalu, Mahkamah Turki memerintahkan pencabutan seluruh vonis dan membebaskan Brunson setelah menjadi tahanan rumah selama 21 bulan.

Brunson ditangkap di kota Izmir, 9 Desember 2016 lalu atas tuduhan spionase dan terorisme.

Pengadilan Turki menuduh Brunson terlibat dengan PKK serta pendukung pemimpin oposisi Turki, Fathullah Gulen Hocafendi.

(T.RS/S:Sputnik)

leave a reply