Satu remaja meninggal dan 41 warga lainnya luka-luka dalam demonstrasi perbatasan

Satu orang remaja Palestina meninggal dan 41 warga lainnya luka-luka dalam akis unjuk rasa Jumat kemarin di perbatasan Gaza.

BY 4adminEdited Sat,23 Feb 2019,02:34 PM

Gaza, SPNA - Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengumumkan seorang remaja Palestina, Yusuf Said Husein Ad-Dayah (15 tahun), meninggal pasca terkena peluru militer Israel di bagian dada. Kejadian itu berlangsung saat Yusuf dan ribuan warga Palestina lainnya sedang melakukan unjuk rasa menentang blokade di perbatasan sebelah timur Kota Gaza.

Selain Yusuf, 41 warga lainnya juga dilaporkan luka-luka dalam demonstrasi kemarin sore (Jumat, 23/02/2019).

Ribuan warga mulai mendatangi perbatasan sejak setelah shalat Asar sore Jumat. Unjuk rasa tersebut merupakan pekan yang ke-48 sejak pertama kali dilakukan 30 Maret 2018 lalu.

Untuk menjauhkan warga dari pagar perbatasan, militer Israel tidak segan melepaskan peluru tajam dan gas air mata yang membuat puluhan warga luka-luka.

Unjuk rasa tersebut diadakan untuk menekan Israel agar menghapus blokade Gaza yang telah berlangsung selama 12 tahun. Serta menuntut kembali ke wilayah jajahan Israel.

Israel merespon unjuk rasa warga dengan keras atas alasan menjaga perbatasan negara. Akibatnya 266 warga meninggal dan 27 ribu lainnya cedera dan luka-luka.

(T.HN/S: Samanews)

leave a reply
Posting terakhir