Terkait Konflik di Perbatasan Turki-Suriah, Pompeo Tuduh Erdogan sebagai Dalang Kekacauan

Menlu Amerika Serikat menuduh Presiden Turki sebagai alasan di balik konflik yang berlangsung di perbatasan utara Suriah. Erdogan hanya bersedia bernegosiasi dengan Presiden Donald Trump.

BY Edited Thu,17 Oct 2019,01:58 PM

Washigton, SPNA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, Rabu (16/10/2019), mengatakan bahwa Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan, merupakan dalang dari kekacauan yang sedang berlangsung di perbatasan Turki-Suriah. Pompeo dan Mike Pence, Wakil Presiden Amerika Serikat, kabarnya akan bertemu empat mata dengan Erdogan dalam kunjungannya ke Turki pekan ini.

Dalam sebuah pernyataan pers seperti dilansir Fox Business, Duta Amerika Serikat akan bertolak ke Turki untuk membicarakan situasi yang sedang berlaku di Suriah saat ini, bukan untuk membicarakan hubungan Amerika-Turki.

Kantor Kepresidenan Amerika mengkonfirmasi bahwa Mike Pence akan bertemu Erdogan pada hari Kamis untuk membicarakan gencatan senjata di Utara Suriah.

Kepada kantor berita Skynews Erdogan mengatakan bahwa Duta Amerika tersebut hanya akan bertemu dengan pejabat tinggi Turki.  Erdoga tidak enggan bernegosiasi jika bukan langsung dengan Presiden Donald Trump.

Robert C. O’Brien, Penasehat Keamanan Presiden Amerika Serikat, dilaporkan akan membuka pembicaraan kedua negara dengan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. Pertemuan ini terjadi sebelum Pompeo dan Pence bertemu langsung dengan Erdogan.

Sejak Rabu pekan lalu (09/10), Turki yang dikuatkan fraksi Suriah yang mendukungnya melakukan operasi Militer di wilayah utara Suriah. Keputusan tersebut bertujuan menetralisasi wilayah itu dari gerilyawan Kurdi yang di anggap mengancam keamanan Turki.

(T.HN/S: Aawsat)

leave a reply
Posting terakhir