AS: Netanyahu dan Pompeo akan Bertemu di Lisabon Pekan Ini

Pembicaraan yang diatur dengan tergesa-gesa oleh diplomat utama sekutu terdekat Israel ini ditujukan untuk memberi Netanyahu dorongan politik di dalam negeri.

BY Edited Wed,04 Dec 2019,02:00 PM

London, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan bertemu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pekan ini di Lisbon, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada hari Selasa (03/12/2019).

Pompeo, yang mendampingi Presiden Donald Trump di KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di London, "akan berada di Lisbon pada hari Rabu dan Kamis dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Portugis Antonio Costa dan Menteri Luar Negeri Augusto Santos Silva," kata departemen dalam sebuah pernyataan. Tidak disebutkan pada hari mana Netanyahu dan Pompeo akan bertemu.

Pembicaraan yang diatur dengan tergesa-gesa oleh diplomat utama sekutu terdekat Israel itu dapat ditujukan untuk memberi Netanyahu dorongan politik di dalam negeri.

Politik Israel berantakan setelah pemilihan umum yang tidak meyakinkan pada bulan April dan September serta kegagalan Netanyahu dan penantang utamanya, Benny Gantz, untuk mengamankan suara mayoritas yang berkuasa di legislatif. Netanyahu juga menghadapi dakwaan korupsi, tuduhan yang dia bantah.

Pompeo dan Netanyahu diperkirakan akan berbicara tentang ancaman dari Iran, di antara masalah yang dibahas pemimpin Israel dalam panggilan telepon pada hari Minggu.

Netanyahu memuji Pompeo bulan lalu karena pengumuman pelunakan posisi lama AS terkait permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki. Pompeo menyatakan bahwa Washington tidak lagi menganggap permukiman Yahudi sebagai pelanggaran hukum internasional, suatu perubahan kebijakan yang mendapat kecaman dari para pemimpin Palestina dan Arab.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir