Cegah Penyebaran Corona, Sejumlah Negara Tangguhkan Sholat Jum'at

Penyebaran virus corona yang begitu cepat hingga merambat ke 114 negara membuat WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemik global. Tercatat lebih dari 118.000 kasus infeksi corona di seluruh dunia dimana 4.291 pasien dinyatakan meninggal.

BY Edited Sat,14 Mar 2020,01:52 PM

Tunis

Tunis, SPNA – Penyebaran virus corona yang begitu cepat hingga merambat ke 114 negara membuat WHO menetapkan COVID-19  sebagai pandemik global. Tercatat lebih dari 118.000 kasus infeksi corona di seluruh dunia dimana 4.291 pasien dinyatakan meninggal.

Situasi genting ini membuat sejumlah mengambil langkah-langkah pencegahan dengan menangguhkan kegiatan keagamaan.

Hal ini seperti dilakukan Tunisia yang menangguhkan pelaksanaan sholat Jum'at (13/03/2020).  Presiden Tunisia Elyes Fakhfah mengatakan bahwa penangguhan sholat Jum'at akan berlangsung sampai 4 April mendatang.

Selain itu, pemerintah Iran juga menghentikan pelaksanaan sholat Jum'at akibat corona.

Langkah yang sama ditempuh oleh Jepang. Asosiasi Muslim Jepang melalui akun Facebook-nya mengatakan pelaksanaan sholat Jum'at ditangguhkan sementara demi mencegah penyebaran COVID-19, seperti dikutip Youm7.

Di Uni Emirat Arab, Pemerintah meminta para Khatib agar tidak memperpanjang Khutbah lebih dari 10 menit serta fokus kepada materi terkait "pencegahan penyakit lebih baik dari mengobati".

Arab Saudi sebelumnya juga menunda kegiatan ibadah umrah baik  bagi warga asing atau lokal. Saudi juga melakukan pembersihan dan sterilisasi terhadap Masjidil Haram.

(T.RS/S:Youm7)

leave a reply
Posting terakhir

40.000 Warga Palestina Tunaikan Sholat Jum'at di Al-Aqsa

Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa sekitar 40.000 warga Palestina dari wilayah seperti al-Quds, Tepi Barat dan wilayah Palestina yang diduduki tahun 1948 datang ke Masjid al-Aqsa untuk melaksanakan sholat Jum'at meskipun harus menjalani pemeriksaan  ketat yang diberlakukan pemerintah Israel.