Ali H Nayfeh, ilmuwan Palestina berprestasi tutup usia

BY Rara Atto Edited Wed,29 Mar 2017,09:31 AM

Ali H Nayfeh, ilmuwan Palestina berprestasi tutup usia

Jalur Gaza – SPNA – Ali H Nayfeh adalah ilmuwan Palestina yang berasal dari Tulkarem Tepi Barat. Pada tahun 2004, ia ia berhasil meraih “Thomas K.Caughet Dynamic”, sebuah penghargaan yang setara dengan nobel.

Ia juga pernah meraih “Lyapunov” dari American Society of Mechanical Engineers, ASME tahun 2005, serta memperoleh “Golden Of Honor” dari Akademi Sains pada tahun 2007.

Nayfeh dilahirkan tahun 1933 di distrik Syuwaikat, Tulkarem dan menempuh pendidikan dasar dan sekolah menengah di kota yang sama.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Nayfeh bekerja sebagai guru di beberapa sekolah di Yordania dan memperoleh beasiswa ke Amerika Serikat.

Pada tahun 1962, ia lulus di Universitas Stanford dalam bidang teknik fisika dengan nilai tertinggi. Kemudian meraih gelar Master tahun 1963 dan PhD tahun 1964 dalam bidang Aeronautika. Sejak 1976 ia menjadi profesor teknik terbaik di Universitas Virgina.  

Nayfeh berhasil mempersembahkan 655 produk ilmiah di berbagai konferensi sains internasional serta mengorgainisir 17 konferensi sains internasional.

Nayfeh juga pernah mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Rusia, Polandia  dan Jerman serta mendirikan  majalah ilmiah. Tulisannya banyak dipublikasi oleh percetakan John Wiley and sons, sebuah percetakan yang membukukan karya-karya ilmiah di New York.

Selain itu, Nayfeh juga mendirikan Kulyah Teknik di Universitas King Abdul Aziz di Jeddah tahun 1976 dan bekerja di dua perusahaan penerbangan Amerika Serikat selama tujuh tahun.

Ia juga mendirikan Fakultas Teknik di Univeristas Yarmouk di Yordania dan menjabat sebagai dekan.

Setelah memberikan banyak kontribusi di bidang sains, Pusat Informasi Palestina melansir bahwa Nayfeh akhirnya tutup usia di di kota Amman, Jordania pada Jumat (17/3/2017).

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Rizky Syahputra

leave a reply
Posting terakhir