Persatuan Guru Inggris serukan boikot produk HP

BY Rara Atto Edited Thu,11 May 2017,07:41 AM

Persatuan Guru Inggris serukan boikot produk HP

Inggis, SPNA - Persatuan Guru Inggris mengumumkan pemboikotan terhadap raksasa teknologi Hewlett-Packard Company  -dikenal umum sebagai HP- atas perannya dalam pendudukan wilayah Palestina oleh Israel.

Lebih dari 1.200 warga Inggris juga menandatangani janji pemboikotan terhadap perusahaan yang bermarkas di Amerika serikat tersebut.

Seperti dikutip Electronic Intifada, Rabu (10/05/2017), Kevin Courtney, sekretaris jenderal Persatuan Nasional Guru (selanjutnya disingkat NUT) mengatakan, “NUT tidak membeli atau menggunakan produk HP atau berbagai layanannya sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina.”

Lembaga tersebut menumumkan bahwa kantor mereka adalah “Zona bebas HP”. Courtney menambahkan, hal ini dilakukan karena perusahaan tersebut “terlibat dalam pendudukan ilegal di Tepi Barat.”

HP secara aktif dan terus menerus mendukung militer Israel. Termasuk memberikan layanan sistem ID biometrik yang digunakan di seluruh pos pemeriksaan di Tepi Barat.

HP juga dikontrak untuk menyediakan layanan IT di penjara Israel dan permukiman di Tepi Barat. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan teknologi untuk militer Israel, termasuk Angkatan Laut, yang telah memberlakukan blokade atas Jalur Gaza selama lebih dari satu dekade.

Pendudukan Israel di Tepi Barat dinilai ilegal berdasarkan hukum internasional, sebagaimana pula permukiman Israel.

Ben Jamal, direktur Kampanye Solidaritas Palestina mengungkapkan, janji boikot yang ditandatangani oleh puluhan ribu orang tersebut merupakan seruan untuk HP.  Ia mengatakan bahwa anggota dewan, pengusaha dan kelomok agama harus mengikuti keputusan yang diambil oleh persatuan guru tersebut.

“ HP harusnya menyadari bahwa terlibat dalam pelanggaran HAM akan merusak merk yang anda bangun,” tambahnya.

Sebuah kampanye internasional yang diluncurkan untuk melawan HP pada akhir 2016, telah mendorong sebuh gereja di California menyerukan untuk menjauhi semua produk dari perusahaan tersebut.

Belum lama ini, senat dua universitas di Amerika Serikat memilih untuk tidak menggunakan produk HP dan berbagai perusahaan yang terlibat dalam pendudukan Israel.

 

SPNA Gaza City

Penerjemah: Ratna

leave a reply
Posting terakhir