Kepala Badan Otoritas Kereta Api Mesir mengundurkan diri pasca kecelakaan di Alexandria Jumat lalu

Kairo, SPNA – Anadolu Agency (AA), Minggu (13/8/2017) melaporkan bahwa Kepala Badan Otoritas Kereta Api Mesir (ENR)......

BY adminEdited Mon,14 Aug 2017,12:40 PM
3.jpg

Anaolu Agency - Gaza City

Kairo, SPNA – Anadolu Agency (AA), Minggu (13/8/2017) melaporkan bahwa Kepala Badan Otoritas Kereta Api Mesir (ENR) mengundurkan diri dari jabatanya paska kecelakaan maut yang melibatkan dua kereta ekspres di stasiun Khurshid, Alexandria Jumat  (11/8/2017) .

AA menambahkan, Menteri Transportasi Mesir, Hisham Arafat telah menyetujui surat pengunduran Kepala ENR Mayjen Madhat Shusha dari jabatannya.

Kecelakaan maut terjadi setelah kereta jurusan Cairo – Alexandria menabrak punggung kereta jurusan Porta Said – Alexandria di stasiun Khurshid yang sedang berhenti karena kerusakan Mesir.

Sementara itu Kejaksaan Mesir menyatakan telah melakukan memanggil masinis kereta jurusan Cairo – Alexandria serta akan melakukan pengamatan di TKP selama 15 hari untuk mengetahui penyebab kejadian.

Sementara itu sejumlah pengamat mengatakan kecelakaan kereta api di Mesir yang terjadi berulang kali disebabkan karena perangkat dan rel yang sudah usang serta konversi jalur yang masih tradisional.

Februari lalu Badan Otoritas Kereta Api Mesir melaporkan, tahun 2016 jumlah kecelakaan kereta di berbagai wilayah Mesir terjadi sebanyak 722 kali. Bencana kereta terbesar di Mesir terjadi tahun 2002 dimana sebuah kereta Jurusan Cairo – Aswan terbakar serta memakan korban sebanyak 360 orang.

Badan Otoritas Kereta Api Mesir, adalah perusahan negara yang bertanggung jawab terhadap operasional kereta api yang setiap tahunnya mengangkut ½ Juta penumpang dan 6 Juta ton barang. (T.RS/S: Anaolu Agency)

leave a reply