Warga Finlandia gelar aksi solidaritas untuk Palestina

Helsinki,  SPNA - Kedutaan Palestina untuk Finlandia dan Negara Baltik berpartisipasi dalam aksi solidaritas untuk korban Palestina yang digelar di Helsinki.

BY adminEdited Sun,03 Jun 2018,10:32 AM

Helsinki,  SPNA - Kedutaan Palestina untuk Finlandia dan Negara Baltik berpartisipasi dalam aksi solidaritas untuk korban Palestina yang digelar di Helsinki.

Aksi tersebut digelar untuk mengenang dan menghormato demonstran Palestina yang gugur dalam  peringatan 70 tahun Tragedi Palestina (Nakba) dengan slogan ‘’Mari hentikan kebrutalan Israel’’.

Aksi tersebut digelar oleh komunitas Palestina di Finlandia dan sejumlah organisasi Finlandia, diantaranya Organisasi Pemuda sayap kiri, Asosiasi Yahudi Anti Permukiman Israel, Organisasi Mahasiswa untuk Keadilan di Palestina Universitas Helsinki, Organisasi Fem-R dan Resala dan sejumlah lembaga lainnya.

Para Partisipan juga meletakkan mawar di depan gedung parlemen Finlandia untuk mengenang korban serta membawa bendera Palestina dan spanduk yang bertuliskan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina. 

“Kami mengecam segala tindakan pelanggara hukum internasional yang dilakukan Israel seperti penembakan terhadap wartawan, dokter dan dan para relawan. Kami juga mengecam penggunaan bahan peledak yang dilarang oleh masyarakat internasional,’’ tegas salah satu peserta.

Sejak 30 Maret lalu, ribuan warga Palestina menggelar demonstrasi dekat pagar pembatas antara Gaza dan wilayah yang diduduki Israel.

Demonstrasi tersebut bertujuan menuntut Israel untuk  mengembalikan pengungsi Palestina ke tanah air mereka yang telah diusir sejak 1948.

Hingga saat ini hampir 119 warga Palestina merenggang nyawa sementara ribuan lainnya terluka akibat tindakan brutal pasukan Israel.

Pemerintah Amerika Serikat juga dilaporkan melakukan veto terhadap rancangan  resolusi yang diajukan Kuwait menuntut perlindungan terhadap warga Palestina.

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir