Israel setujui proyek pembangunan Terusan Laut Mati

Amman, SPNA - Pemerintah Israel dilaporkan akan menyetujui proyek pembangunan “Terusan Laut Mati’’ yang diprediksi membantu suplai air ke Yordania dan .....

BY adminEdited Sun,30 Dec 2018,09:57 AM

Amman, SPNA - Pemerintah Israel dilaporkan akan menyetujui proyek pembangunan “Terusan Laut Mati’’ yang diprediksi membantu suplai air ke Yordania dan menyelamatkan laut mati dari kekeringan.

Setelah dilakukan pembicaraan rahasia beberapa kali, Menteri Kerjasama Regional Israel, Tzachi Hanegbi dan pemerintah Yordania sepakat melanjutkan proyek Terusan Laut Mati, seperti dilansir Maannews (29/12/2018).

Sejak ditandatangani 2013 silam, proyek tersebut macet karena memburuknya hubungan bilateral antara Israel dan Yordania.

Tahun lalu insiden penembakan yang dilakukan penjaga keamanan Israel di Yordania menghambat hubungan Yordania dan Israel selama hampir setahun.

Proyek tersebut akan membangun sebuah pipa sepanjang 200 km yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Mati di Yordania.

“Terusan Laut Mati akan membantu Yordania mengatasi krisis air serta membantu kami untuk menyelamatkan laut mati dari kekerangan. Lebih penting dari itu, terusa ini akan memperkuat hubungan antara kami dan negara Arab tetangga, ‘’ ujar Hanegbi.

(T.RS/S:Maanews)

leave a reply
Posting terakhir