Pasukan Yordania usir turis Israel dari wilayah Al-Baqoura

Amman, SPNA - Sumber-sumber Israel menyebutkan bahwa pasukan Yordania melarang sejumlah turis Israel memasuki Island of Peace, yang ....

BY 4adminEdited Sun,27 Jan 2019,10:42 AM

Amman, SPNA - Sumber-sumber Israel menyebutkan bahwa pasukan Yordania melarang sejumlah turis Israel memasuki Island of Peace, yang merupakan bagian dari wilayah Al-Baqoura.

Sumber tersebut menyebutkan turis Israel tersebut diusir meskipun mereka mendapatkan izin masuk, seperti dilansir Ramallah News, Sabtu (26/01/2019).

Sementara itu Otoritas Penyiaran Israel, melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri akan melakukan pemeriksaan terhadap penolakan izin dari pihak Yordania yang dinilai bersikap memusuhi Israel tersebut.

Oktober lalu, Raja Abdullah II memutuskan untuk kembali mengambil alih kedaulatan Yordania atas wilayah Al-Baqoura dan al-Gamr yang disewakan kepada Israel dalam kesepakatan damai tahun 1994.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Pemerintah Israel berhak untuk mengelola lahan tersebut selama 25 tahun.

Al-Baqoura terletak  di perbatasan Yordania di sebelah timur Sungai Yordan.  Wiayah ini masuk ke provinsi  Irbid, dengan total luas 60 KM Persegi.

Israel pernah menduduki wilayah tersebut tahun 1950. Lalu tahun 1994  Yordania mengembalikan kedua wilayah tersebut melalui perjanjian damai dengan Israel.

Sementara Al-Gamr terletak di  perbatasan Yordania bagian selatan. Wilayah ini masuk dalam Provinsi  Aqaba dan pernah diduduki oleh Israel selama perang Juni 1967.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Yordania harus memberikan kebebasan bagi warga Israel untuk keluar masuk lokasi serta menggunakan lahan sesuai dengan hukum yang berlaku di Yordania.

Yordania juga tidak dapat mengenakan beacukai  dan pajak tinggi terhadap mereka.

Sementara itu, pihak Israel berjanji tidak melakukan atau mengizinkan setiap aktivitas yang membahayakan keamanan Yordania di lokasi.

Israel juga tidak megizinkan bagi siapapun untuk masuk ke lokasi dengan membawa senjata yang tidak mendapatkan izin pemerintah Yordania, kecuali polisi.

(T.RS/S:RamallahNews)

leave a reply
Posting terakhir

Gara-gara ulah sembrono turis Yahudi, Pemerintah Yordania tutup Maqam Nabi Harun

Menteri Wakaf Yordania Dr. Abdul Nasser Abu Al-Basal menetapkan Maqam Nabi Harun alaihissalam  ditutup. Kunci Maqam yang terletak di Selatan Yordania tersebut diserahkan kepada Direktorat Kementerian Wakaf Islam di  wilayah Ma'an. Keputusan tersebut diambil setelah ratusan turis Israel memasuki lokasi secara ilegal lalu melaksanakan ritual Yahudi.