Militer Israel Menenggelamkan Perahu,Tangkap 10 Nelayan Gaza,

BY Rizky SyahputraEdited Mon,16 May 2016,06:37 AM

Patroli Laut Militer Israel Menenggelamkan Perahu Dan Tangkap 10 Nelayan Gaza.

Jalur Gaza - Suarapalestina - Patroli laut Militer Israel, Ahad (15/05) menangkap 10 Orang nelayan Palestina di perairan Jalur Gaza utara, sebagaimana dilaporkan oleh Ikatan Nelayan Palestina di Gaza.

Nizar Ayyash, ketua ikatan nelayan Palestina di Jalur Gaza, saat jumpa pers, militer angkatan laut Israel, hari Ahad petang menangkap 10 orang nelayan Palestina yang sedang memancing ikan di perairan pantai Jalur Gaza utara dan diangkut ke pelabuhan militer Ashdod.

Ayyash menambahkan: "militer angkatan laut Israel juga merampas 2 perahu milik nelayan dan menenggelamkan perahu ke tiga, saat itu sedang ditumpangi oleh para nelayan".

Nizar juga menjelaskan, angkatan laut Israel menuduh para nelayan telah berlayar melampaui garis yang diizinkan yaitu 9 mil dari daratan.

Israel telah mengizinkan para nelayan palestina untuk berlayar sejauh 9 mil sejak tanggal 3 April 2016 silam dimana sebelumnya para nelayan hanya diperbolehkan berlayar sejauh 6 mil dari bibir pantai.

sementara itu, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh pusat Hak Asasi Manusia (HAM) "Mizan" menyebutkan, Israel terus melakukan pelanggaran tersusun dan terencana atas para nelayan Palestina di Jalur Gaza.

Mizan mencatat sedikitnya 24 nelayan Palestina telah menjadi korban penangkapan oleh militer Israel bersamaan dengan perampasan yang terhadap 9 perahu  milik para nelayan sejak permulaan bulan April 2016.

Adapun jika dihitung sejak berakhirnya agresi militer zionis Israel atas gaza pada 26 agustus 2014 silam, militer Israel telah menangkap lebih dari 100 nelayan Palestina.

leave a reply
Posting terakhir