KEMLU Israel: Inisiatif Perdamaian Prancis Akan Gagal,

BY Rizky SyahputraEdited Fri,03 Jun 2016,05:09 AM

Kementrian Luar Negeri Israel:  Inisiatif Perdamaian Prancis Akan Gagal.

Alquds – Suarapalestina - Pejabat Dirjen Kementrian Luar Negeri Israel Dore Gold  menyatakan, rencana perdamaian antara Israel-Palestina  yang diusung Perancis dipastikan gagal.

Pernyataan  Gold ini disampaikan di depan para wartawan, sebagai tanggapan atas pertemuan internasional   negara-negara Arab dan Barat  yang digelar di Perancis  membahas proses perdamaian Israel-Palestina.  Turut serta dalam pertemuan masing-masing perwakilan dari PBB dan Uni Eropa.

Menurut Gold, satu-satunya jalan untuk mencapai perjanjian  regional yang permanen, dan untuk menghasilkan perdamaian yang sesungguhnya di Timur Tengah, adalah  kesepakatan kedua pihak (Israel dan Palestina) tanpa campur tangan pihak lain.

Gold yakin bahwa negara-negara Arab akan mendukung  proses negosiasi langsung antara Israel dan Palestina. Karena itu  Israel  tidak setuju dengan keterlibatan pihak lain seperti yang saat ini berlangsung di Prancis.

Gold juga membeberkan fakta sejarah tentang  sejumlah kesepakatan yang pernah ditandatangani oleh Inggris dan Perancis terkait re-design batas-batas wilayah Timur Tengah yang dinilai telah gagal. “Kegagalan sejumlah kesepakatan historis itu bisa dilihat langsung hari ini seperti apa yang terjadi di  Iraq dan Suria setelah dikuasai ISIS.” Kata Gold.

Menurut rencana, Konferensi Internasinal Perancis yang membahas kembali kelanjutan perdamaian Israel-Palestina ini  akan berlangsung pada hari Jum’at mendatang.

Sebelumnya Perdan Menteri Israel Bejamin Netanyahu telebih dahu menyatakan penolakannya terhadap inisiatif perdamaian yang diprakarsai Perancis ini.

leave a reply