Sekjen Gerakan Jihad Islam (PIJ) Tutup Usia

Sekjen gerakan Jihad Islami Ramadhan Abdullah Shalah dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit setelah menyelesaikan perjalanan panjang baik dalam keilmuan dan  perjuangan di lapangan.

BY Edited Sun,07 Jun 2020,11:10 AM

Jalur Gaza, SPNA – Sekjen gerakan Jihad Islami (PIJ) Ramadhan Abdullah Shalah dilaporkan meninggal dunia. Berita duka tersebut disampaikan PIJ, Sabtu malam (06/06) seperti dikutip Rt Arabic.  

Shalah dilahirkan tahun 1958 dan lulus dari Unversitas Zaqaziq, Mesir tahun 1981. Dia lalu mengajar ilmu ekonomi di Universitas Gaza. Sejak saat itu Shalah dikenal dengan orasinya tentang jihad melawan pendudukan Israel yang membuat Tel Aviv berang. Akhirnya dia dilarang mengajar dan menjadi tahanan rumah.

Tahun 1986 Shalah meninggalkan Palestina menuju London untuk menyelesaikan program magister dan berhasil menggondol gelar doktor di Inggris tahun 1990.

Setelah itu Shalah berpindah-pindah ke Kuwait, London lalu ke Amerika Serikat dan bekerja sebagai dosen bidang Studi Timur Tengah di Universitas Florida tahun 1993 samapi 1995.

Shalah kemudian diangkat menjadi Sekjen PIJ menggantikan Fathi Shiqaqi yang dibunuh oleh Mossad di Malta.

Sejak  PIJ dimasukkan dalam daftar teroris oleh Amerika Serika dan Israel, Shalah menjadi buronan yang paling dicari oleh FBI.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir