Liga Arab: Mendukung Palestina adalah Prioritas Utama

Sekjen Liga Arab Ahmad Abu al-Ghait menekankan bahwa negara-negara Arab perlu memikirkan masa depan untuk menarik pelajaran dan mengatasi kerentanan dan kelemahan yang ditimbulkan oleh krisis.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,05 Sep 2020,05:48 AM

Kairo, SPNA - Liga Arab menekankan pentingnya menyediakan bantuan bagi rakyat Palestina dalam menghadapi blokade Israel yang berkelanjutan terhadap ekonomi Palestina dan konsekuensi dari penyebaran wabah COVID-19.

Ahmad Abu al-Ghait, Sekretaris Jenderal Liga Arab, dalam pidatonya pada hari Kamis (03/09/2020) sebelum sesi ke-106 Dewan Ekonomi dan Sosial Liga Arab menyampaikan bahwa mendukung ekonomi Palestina adalah prioritas utama terutama dalam hal krisis keuangan berkelanjutan yang sedang dialami oleh Negara Palestina.

Dia menambahkan bahwa blokade brutal yang dipaksakan otoritas pendudukan Israel dan kebijakan sewenang-wenang yang bertujuan untuk merusak perekonomian Palestina dan menghilangkan hak dasar mereka untuk membangun Palestina.

Terkait COVID-19 dan ketahanan pangan Arab, Abu al-Ghait menekankan bahwa negara-negara Arab perlu memikirkan masa depan untuk menarik pelajaran dan mengatasi kerentanan dan kelemahan yang ditimbulkan oleh krisis.

Ia menekankan pentingnya berbagai pengalaman, dengan mengatakan bahwa wilayah Arab masih mengalami kesenjangan pangan di dunia dan indikator kemiskinan multi-dimensi terus meningkat.

Ia juga mencontohkan konsekuensi bencana yang yang menimpa ibukota Lebanon menyusul peledakan pelabuhannya yang menambah beban krisis ekonomi Lebanon.

Ia memuji negara-negara Arab yang mengambil inisiatif untuk menyediakan bantuan kemanusiaan dan kesehatan bagi rakyat Lebanon.

(T.RA/S: Palinfo)

leave a reply