Agresi Rusia Melawan Ukraina Jadi Agenda Utama Pertemuan Pertama antara Biden dan Zelensky

Ukraina memandang, kemitraan yang kuat dengan AS sangat penting dalam mereformasi, meningkatkan transparansi dan mewujudkan perdamaian yang kuat.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,03 Apr 2021,02:38 PM

Washington DC, SPNA - Presiden AS Joe Biden pada Jumat (02/04/2021), melakukan percakapan telepon pertamanya dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky sejak dilantik sebagai presiden.

Hal ini dibuktikan dari pernyataan Gedung Putih yang menjelaskan bahwa Biden memberikan dukungan penuh terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia di Donbas dan Krimea.

Presiden AS berkomitmen ingin menghidupkan kembali kerjasama strategis dengan pemerintah Ukraina guna mendukung rencana Zelensky dalam memberantas korupsi dan menerapkan agenda reformasi berdasarkan nilai-nilai demokrasi demi terwujudnya keadilan, keamanan dan kemakmuran bagi rakyat Ukraina.

Joe Biden melanjutkan, "Kedua pemimpin sepakat bahwa reformasi ini merupakan peranan inti untuk aspirasi Euro-Atlantik Ukraina. Mereka juga membahas mengenai jalinan kerja sama yang lebih erat antara Amerika Serikat dengan Ukraina dalam mengatasi pandemi COVID-19 serta memperkuat nilai-nilai demokrasi di wilayah tersebut.

Zelensky mengapresiasi segala jenis bantuan dari Amerika Serikat tersebut di akun Twitter-nya untuk Ukraina, ia menambahkan: "Kami saling bahu-membahu dalam melindungi nilai-nilai demokrasi. Komitmen saya adalah mereformasi, meningkatkan transparansi serta mewujudkan perdamaian yang kuat. Kemitraan Amerika sangat penting bagi Ukraina."

(T.NA/S: RT Arabic)

leave a reply
Posting terakhir

Ribuan Yahudi dari Rusia dan Ukraina bermukim di Palestina

Yerusalem, SPNA - Rusia dan Ukraina menyediakan sebagian besar pemukim untuk Israel yang berbondong-bondong ke wilayah Palestina yang diduduki pada 2017, sebuah penelitian menemukan, seperti diungkap Pusat Informasi Palestina, Rabu (28/08/2018).