Hamas; Penangkapan Empat Tahanan Yang Kabur dari Pejara Gilboa Akan Memperpanjang Bentrokan di Tepi Barat

Bentrokan antara warga dan militer Israel dipercaya akan bersambung pasca keberhasilan Israel menangkap empat dari enam tahanan yang melarikan diri dari penjara. Aksi tersebut bertujuan untuk memecah konsentrasi militer Israel.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Mon,13 Sep 2021,10:34 AM

Gaza, SPNA - Salah satu faksi perjuangan Palestina di Gaza, Hamas, menyebutkan keberhasilan Israel menangkap empat dari enam tahanan Palestina yang berhasil kabur pada Senin lalu, justru akan memperpanjang protes warga terhadap Israel.

Juru Bicara Hamas, Fauzi Barhum, dikutip dari media Israel, i24News.tv, mengatakan, "Penangkapan para "pahlawan" kita akan membuka babak konfrontasi baru dengan Israel."

Ia juga mengajak warga Palestina untuk melanjutkan aksi protes mereka terhadap negara Yahudi itu di seluruh wilayah Tepi Barat. Keberhasilan enam tahanan Palestina melarikan diri dari penjara Israel telah menghidupkan harapan baru bagi warga Palestina untuk keluar dari penindasan Israel.

Ia juga mengatakan bahwa "ledakan amarah warga Tepi Barat hanya masalah waktu.'

Perlu diketahui, sejak berita lolosnya enam tahanan Palestina dari penjara Gilboa Israel tersebar, warga Palestina Tepi Barat kerap mengadakan aksi turun ke jalan, sebagai bentuk dukungan spirit bagi para tahanan tersebut.

Kerumunan warga kerap kemudian berubah menjadi konfrontasi, ketika militer Israel berusaha untuk membubarkannya.

Aksi tersebut bertujuan untuk memecah konsentrasi Israel, antara membendung unjuk rasa, atau fokus mencari para tahanan yang berhasil lolos.

Sampai Sabtu (11/09/2021) kemarin, militer Israel telah berhasil menangkap kembali empat dari enam tahanan yang kabur. Proses pencarian dua tahanan lainnya masih terus dilakukan.

(T.HN/S: i24news.tv)

leave a reply
Posting terakhir