Israel Tembaki Konvoi Bantuan Kemanusiaan UNRWA di Jalur Gaza

Direktur UNRWA di Gaza, Thomas White, mengatakan bahwa tentara Israel menembaki konvoi bantuan UNRWA ketika kembali dari utara Jalur Gaza melalui rute aman yang ditentukan oleh tentara Israel.

BY 4adminEdited Sun,31 Dec 2023,01:08 AM

Gaza, SPNA - Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), sebagaimana dilansir Palinfo, pada Jumat (29/12/2023), mengumumkan bahwa tentara Israel telah menyerang salah satu konvoi bantuan kemanusiaan milik UNRWA di Jalur Gaza.

Direktur UNRWA di Gaza, Thomas White, mengatakan bahwa tentara Israel menembaki konvoi bantuan UNRWA ketika kembali dari utara Jalur Gaza melalui rute aman yang ditentukan oleh tentara Israel.

“Komandan konvoi bantuan internasional kami dan timnya tidak terluka. Namun salah satu truk bantuan rusak,” kata Thomas White.

Thomas White menekankan agar petugas dan bantuan kemanusiaan tidak seharusnya menjadi sasaran penembakan. Ia menegaskan bahwa setiap hari adalah perjuangan bertahan hidup dalam mencari makanan dan air.

Thomas White memperingatkan bahwa Jalur Gaza menderita bencana kelaparan, di mana sebanyak 40 persen penduduk Jalur Gaza kini menghadapi risiko kelaparan. Ia menunjukkan bahwa pada saat ini Jalur Gaza sangat membutuhkan lebih banyak bantuan dan satu-satunya harapan yang tersisa adalah gencatan senjata kemanusiaan.

Thomas White mengungkap meninggalnya puluhan pegawai UNRWA di Jalur Gaza, sejak dimulainya agresi brutal Israel pada 7 Oktober.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyatakan bahwa jumlah korban organisasi internasional di Jalur Gaza belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah PBB.

Sampai hari ini, selama 86 hari berturut-turut, Israel masih terus melanjutkan pemboman dan agresi brutal terhadap Jalur Gaza, yang mengakibatkan pembantaian mengerikan terhadap penduduk sipil, khususnya anak-anak dan perempuan.

Israel hingga saat ini masih terus membombardir dan melancarkan serangan darat di Jalur Gaza. Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, pada Jumat (27/12), mengumumkan bahwa jumlah korban jiwa akibat pemboman Israel di Jalur Gaza telah meningkat menjadi 21.507 orang dan lebih 55.915lainnya mengalami luka-luka, di mana manyoritas korban korban jiwa pemboman Israel adalah anak-anak dan perempuan.

(T.FJ/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Konvoi Bantuan Medis Al-Azhar Mesir Berangkat ke Jalur Gaza

“Konvoi bantuan ini mencakup empat truk pengangkut yang sarat dengan berbagai persediaan medis antara lain seperti benang bedah dan alat bedah umum, termasuk slide dan sekrup yang digunakan dalam operasi ortopedi. Selain itu, Al-Azhar juga menyediakan pakaian medis, alat sterilisasi, perangkat vena dan perlengkapan bedah tulang,” jelas Mahmoud Siddiq, Wakil Presiden Universitas Al-Azhar, sekaligus pengawas umum konvoi medis Al-Azhar.