AS Remehkan Serangan Rafah, dan Mengatakan Sedang Mendorong Kesepakatan Gencatan Senjata

Pemerintahan Biden mengatakan Israel memiliki ‘tujuan sah’ dalam merebut penyeberangan Rafah tetapi menyerukan pembukaan kembali perbatasan.

BY 4adminEdited Wed,08 May 2024,11:52 AM
Menunggu Evakuasi Pasca Serangan Darat Israel ke Rafah.JPG

Washington, D.C., SPNA – Amerika Serikat meremehkan serangan mematikan Israel di Rafah, dengan mengatakan bahwa serangan tersebut tampaknya “terbatas” meskipun ada kekhawatiran atas nasib lebih dari 1,5 juta warga Palestina yang berlindung di kota Gaza selatan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa (07/05/2024) bahwa AS masih menentang serangan besar-besaran Israel terhadap Rafah.

Israel telah meningkatkan pemboman terhadap Rafah pada hari Senin (06/05), menewaskan puluhan orang setelah memerintahkan sekitar 100.000 penduduk di wilayah timurnya untuk mengungsi. Pasukan Israel juga menyerbu sisi Palestina di perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir, yang berfungsi sebagai pintu gerbang utama bantuan kemanusiaan.

“Operasi militer yang mereka lancarkan tadi malam hanya ditargetkan di gerbang Rafah,” kata Miller, Selasa.

“Bukan operasi di wilayah sipil yang mereka perintahkan untuk dievakuasi. Jadi kami akan terus menegaskan bahwa kami menentang operasi militer besar-besaran di Rafah.”

Meski begitu, Miller mengakui bahwa serangan terhadap penyeberangan tersebut “tampaknya merupakan awal” dari serangan yang lebih besar.

Serangan Israel menutup penyeberangan Rafah, sehingga semakin memperparah aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza yang sudah tidak mencukupi. Sejak 9 Oktober, Israel telah mengintensifkan blokade terhadap wilayah tersebut, sehingga menyebabkan wilayah kantong Palestina berada di ambang kelaparan.

Penyeberangan Rafah juga berfungsi sebagai pintu masuk bagi pekerja kemanusiaan yang masuk ke Gaza, dan orang-orang yang sakit kritis dan terluka menggunakannya untuk meninggalkan wilayah tersebut dan menerima perawatan di luar negeri.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengatakan 120 pasien yang dijadwalkan menyeberang dari Gaza ke Mesir untuk berobat dilarang berangkat pada hari Selasa.

Menutup penyeberangan juga telah memblokir pasokan medis dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan pusat kesehatan yang tersisa di wilayah tersebut, kata kementerian tersebut.

“Situasi pasien di rumah sakit Gaza sangat sulit sejak awal perang karena hilangnya peralatan medis dan runtuhnya sistem kesehatan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

“Kami memiliki ribuan daftar perjalanan untuk orang yang sakit dan terluka. Dan sekarang mereka dilarang untuk pergi.”

Di Departemen Luar Negeri AS, Miller menyerukan pembukaan kembali penyeberangan tersebut, namun ia juga tampaknya membenarkan serangan Israel yang menutup penyeberangan tersebut.

“Hamas memang menguasai penyeberangan Rafah di sisi Gaza, dan Hamas terus mengumpulkan pendapatan dari dibukanya penyeberangan itu,” katanya kepada wartawan.

“Jadi merupakan tujuan yang sah untuk mencoba dan menghilangkan pendapatan Hamas, uang yang dapat mereka gunakan untuk terus membiayai kegiatan teroris mereka. Oleh karena itu, kami ingin penyeberangan dibuka kembali, dan kami akan berupaya untuk membukanya kembali.”

Pada hari Sabtu, Israel juga menutup penyeberangan perbatasan Karem Abu Salem, yang juga dikenal sebagai Kerem Shalom, melarang truk bantuan setelah Hamas melancarkan serangan roket terhadap pasukan Israel di dekatnya, menewaskan empat tentara.

Pada hari Selasa, Miller secara keliru mengatakan bahwa penyeberangan antara Gaza dan Israel “dibom” oleh Hamas padahal penyeberangan itu sendiri tidak menjadi sasaran.

Ketika didesak mengenai pernyataannya, Miller berkata: “Anda bisa berargumen bahwa serangan terhadap Kerem Shalom-lah yang memicu penutupannya.”

“Namun demikian, Anda harus sangat jelas tentang posisi kami: Kami ingin melihatnya terbuka. Kami ingin melihatnya dibuka sesegera mungkin. Mereka bilang akan membukanya besok. Kami akan berupaya untuk memastikan hal itu terjadi.”

Sebelumnya pada hari Selasa, PBB meminta Israel untuk segera membuka kembali kedua penyeberangan tersebut.

Penyitaan gerbang Rafah oleh Israel terjadi beberapa jam setelah Hamas mengatakan mereka telah menyetujui proposal gencatan senjata dari Mesir dan Qatar yang akan mengakibatkan pembebasan tawanan Israel di Gaza dengan imbalan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel, serta mengakhiri konflik.

Israel menolak kesepakatan itu tetapi menyatakan akan melakukan perundingan lebih lanjut.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden sangat terlibat dalam perundingan tersebut. Pada hari Selasa, Miller menolak memberikan banyak rincian mengenai keadaannya, namun dia menyangkal bahwa Hamas benar-benar menerima perjanjian tersebut.

Sebaliknya, dia mengatakan kelompok Palestina menanggapi proposal tersebut dengan memberikan saran sebagai bagian dari proses negosiasi.

“Kami terus percaya bahwa masih ada ruang untuk mencapai kesepakatan, dan kami berusaha sangat keras untuk mewujudkannya,” katanya.

(T.HN/S: Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir
Asap mengepul menyusul serangan Israel setelah militer Israel mulai mengevakuasi warga sipil Palestina menjelang ancaman serangan di Rafah, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di Rafah, di selatan Jalur Gaza 6 Mei 2024. REUT

Gencatan Senjata Kandas, Serangan Militer Mematikan di Rafah Dimulai, 1.8 Juta Pengungsi Gaza dalam Ancaman Pembantaian Massal

Operasi militer Israel di Rafah, Jalur Gaza, melibatkan serangan darat dan udara yang mematikan terhadap bangunan dan warga Palestina. 11 orang dilaporkan tewas dan banyak yang terluka. Kota Rafah, sebagai tempat perlindungan terakhir bagi pengungsi, kini terancam, meningkatkan krisis kemanusiaan. Serangan ini memotong jalur penyelamat bagi warga Gaza dan menghambat bantuan kemanusiaan. Kekerasan yang berkelanjutan oleh Israel di Jalur Gaza telah menelan ribuan korban jiwa, mayoritas adalah anak-anak dan perempuan.